nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Produsen Minuman Ini Ciptakan Bir dari Air Limbah Daur Ulang, Penasaran dengan Rasanya?

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Selasa 05 Juni 2018 18:49 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 06 05 298 1906938 produsen-minuman-ini-ciptakan-bir-dari-air-limbah-daur-ulang-penasaran-dengan-rasanya-6G3rTP4lJ7.jpg Bir dari Limbah (Foto: Odditycentral)

APA yang ada di benak Anda ketika mendengar air limbah? Sesuatu yang kotor, beracun, dan berbau busuk.Tapi, bagaimana kalau air limbah yang menakutkan itu diubah menjadi minuman layak di konsumsi? Apakah Anda masih ingin meminumnya?

Dilansir dari Oddity Central, Selasa (5/5/2018) minuman ini diproduksi Nya Nya Stockholm Carnegiebryggeriet (New Carnegie Brewery). Diberi nama PU: REST, minuman ini diolah menjadi bir. Proses pembuatannya bekerja sama dengan Lembaga Penelitian Lingkungan Swedia, IVL, dan Carlsberg.

Proyek ini dibuat untuk meyakinkan masyarakat bahwa air limbah dapat diolah menjadi minuman bersih, seperti air kran yang sudah banyak yang bisa langsung diminum.

Kata IVL, tantangan terbesar untuk membuat orang mau meminum air daur ulang ini bukan pada urusan teknologi, tetapi lebih kepada masalah psikologis. Untuk itu, pihaknya mencoba meyakinkan konsumen tentang kemurnian air limbah menggunakan strategi pembuatan.

PU: REST sendiri baru diluncurkan di Swedia pada 25 Mei 2018 lalu dan sudah mendapat banyak cibiran di media sosial, termasuk dibilang sebagai "bir omong kosong".

"Masalah dalam pembuatan minuman ini bukan menyoal harganya yang murah atau rasanya yang mungkin membingungkan, tetapi lebih kepada soal emosional. Air daur ulang itu murni dan aman seperti air keran biasa, tetapi kebanyakan orang masih skeptis tentang air minum yang dimurnikan," kata Staffan Filipsson, seorang manajer proyek di IVL. Chris Thurgeson, seorang brewmaster di New Carnegie Brewery, mendeskripsikan PU: REST sebagai 'bir sebening kristal' dan mengklaim, PU: REST memiliki citarasa bersih dan gurih. So, tertarik untuk menyicipinya?

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini