nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

4 Tanaman Penangkal Radikal Bebas yang Bisa Ditanam di Rumah

Tiara Putri, Jurnalis · Selasa 05 Juni 2018 21:30 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 06 05 481 1906754 4-tanaman-penangkal-radikal-bebas-yang-bisa-ditanam-di-rumah-u6ZQdZZqcK.jpg Tanaman Hias Sansevier (Foto: Istimewa)

TINGKAT polusi yang semakin tinggi membuat udara tidak seaman dulu lagi untuk dihirup. Banyaknya racun dan partikel lain yang terkandung di dalam udara dapat membuat seseorang terserang penyakit menular. Maka dari itu, perlu dilakukan berbagai cara untuk menghentikannya.

Sekarang ini sudah semakin banyak orang yang sadar dan mengkampanyekan pentingnya memelihara lingkungan. Tujuannya agar sikap dan perilaku masyarakat lebih ramah lingkungan sehingga lingkungan terasa nyaman untuk ditinggali mahluk hidup. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah menanam pohon.

Pohon dapat berfungsi sebagai pembersih udara yang kotor. Selain itu, beberapa tanaman memiliki sifat antioksidan sehingga bisa menangkal racun dan radikal bebas. Berikut tanaman-tanaman yang dapat membantu membuat udara lebih layak untuk dihirup seperti yang dirangkum Okezone, Selasa (5/6/2018) :

Lidah buaya

Banyak manfaat yang didapatkan dari lidah buaya. Tanaman yang satu ini sering digunakan sebagai obat untuk penyakit kulit, luka iris, dan luka bakar. Lidah buaya juga dapat menyerap zat berbahaya di ruangan seperti formalin, benzena, dan karbondioksida. Sama seperti tanaman lain, lidah buaya juga menghasilkan oksigen yang aman untuk dihirup termasuk di malam hari.

Lidah mertua

Tak seseram namanya, sansevieria atau lidah mertua merupakan tanaman hias yang bermanfaat bagi udara. Memiliki daun yang dengan ujung meruncing, tanaman ini dapat menyerap kurang lebih 107 zat beracun seperti karbondioksida, benzene, formaldehyde, nikotin, dan trichloroethylene. Maka tanaman ini paling cocok diletakkan di ruangan yang sering dipenuhi asap rokok dan perangkat elektronik. Bahkan di Jepang, tanaman ini dianggap bisa mereduksi radiasi gelombang elektromagnetik.

Sirih gading

Tanaman merambat yang satu ini sering dijadikan tanaman hias. Lebih dari itu, sirih gading memiliki kemampuan untuk menyerap racun dan polusi udara. Sirih gading dapat dimanfaatkan sebagai pembersih udara dari formaldehida, karbondioksida, dan zat beracun lain.

Krisan

Keindahan bunga krisan mampu membuat orang yang melihatnya terkesima. Akan tetapi, bunga yang memiliki aroma wangi itu mampu menghilangkan benzena, formaldehida, dan bahan kimia lainnya di udara. Sehingga udara di ruangan yang diletakkan bunga krisan aman untuk dihirup.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini