7 Cara Alami Atasi Sakit Kepala Sebelah yang Menyakitkan

Dewi Kania, Jurnalis · Selasa 05 Juni 2018 16:00 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 06 05 481 1906786 7-cara-alami-atasi-sakit-kepala-sebelah-yang-menyakitkan-jIbGqnEJyX.jpg Ilustrasi (Foto: Boldsky)

SAKIT kepala sebelah jadi salah satu indikator yang menunjukkan bahwa tubuh Anda mengalami sesuatu. Misalnya kurang minum, terlambat makan dan hal lainnya yang membuat tubuh tambah kemas.

Jika Anda mengalaminya, rasanya kepala jadi berat dan tidak nyaman. Migrain juga disertai dengan gejala lain seperti terasa silau saat amelihat cahaya, mual atau muntah, kehilangan nafsu makan, dan sakit perut.

Supaya tidak terus-menerus mengganggu aktivitas Anda, segera kelola migrain tersebut agar cepat mereda. Berikut 7 caranya, dilansir Boldsky, Selasa (5/6/2018).

1. Hindari makanan yang mengandung gluten

Penderita migrain sangat sensitif dengan berbagai jenis makanan, seperti yang mengandung gluten dan MSG. Setidaknya, Anda bisa mengurangi konsumsi makanan gluten selama tiga minggu berturut-turut. Menurut National Foundation for Celiac Awareness, orang-orang yang mengalami sakit kepala sebelah, lalu berusaha menghindari makanan ini, dampaknya bisa meringankan gejala migrain yang tiba-tiba terjadi.

2. Konsumsi sumber makanan mengandung magnesium

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa magnesium dapat mengurangi frekuensi serangan migrain pada seseorang. Ada banyak pilihan sumber makanan ini dari sayurann dan buah. Setidaknya jika Anda mengonsumsi sumber magnesium cukup, pasti terbebas dari masalah sakit kepala sebelah menyakitkan.

Makanan Sehat

3. Menghidrasi tubuh

Minum banyak air putih juga bisa mengurangi gejala migrain. Tapi ketika migrain sering kambuh, jangan dulu minum kopi, teh, minuman kemasan manis atau minuman beralkohol. Di samping dari minum air, Anda juga dapat mencukupi kebutuhan cairan tubuh dengan konsumsi mentimun, seledri, lobak, kubis, zucchini, kembang kol, bayam, semangka, dan lainnya.

Baca Juga: Gaya PNS Cantik Mirip Ariel Tatum, Bikin Adem Lihatnya!

4. Peregangan

Sempatkan waktu setiap dua jam sekali untuk melakukan peregangan otot. Tak sekedar itu, cara ini juga dapat merelaksasi pikiran. Setelah melakukan peregangan istirahatlah 30 menit supaya Anda tambah nyaman beraktivitas.

5. Konsumsi makanan pedas

Tahukah Anda, makan cabai rawit ternyata ampuh atasi migrain dalam waktu cepat. Sebab, cabai rawit mengandung capcaisin yang bisa meningkatkan sirkulasi darah ke seluruh tubuh, terutama bagian kepala. Karenanya, ketika migrain kambuh langsung saja pilih konsumsi makanan pedas favorit Anda dan tentu menambah nafsu makan.

makanan pedas

6. Kompres dengan air panas atau dingin

Kegiatan mengompres kepala dengan air panas dan dingin juga dijamin mengatasi migrain. Terlebih Anda juga disarankan untuk mandi dengan sir hangat. Anda tak sekedar rileks bila melakukan hal ini, tetapnya aliran darah juga lancar yang begitu menyenangkan.

Baca Juga: Catat Rekor, Pria Pertama di Dunia yang Melahirkan dan Ibu Terkecil Lahirkan Bayi Setinggi 71 cm

7. Oles minyak esensial

Sakit kepala sebelah juga ampuh diatasi dengan minyak peppermint dan minyak lavender. Ada bahan yang bersifat sebagai pendingin suhu tubuh secara alami. Kalau Anda memijat kepala dengan minyak tersebut, apsti akan terasa nyaman sekali.

1 / 2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini