Penyakit Berbahaya yang Disebabkan Oleh Pencemaran Air

Annisa Aprilia, Jurnalis · Selasa 05 Juni 2018 22:19 WIB
https: img.okezone.com content 2018 06 05 481 1906924 penyakit-berbahaya-yang-disebabkan-oleh-pencemaran-air-JxfoXavQWM.jpg Ilustrasi (Foto: Huffingtonpost)

PENCEMARAN air menjadi salah satu masalah yang mengintai masyarakat saat ini. Sebelumnya, ada berbagai isu terkait kebersihan air yang dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia selama ini.

Padahal, masalah kebersihan air tidak jauh dari penggunaan bahan kimia yang dibuang ke sungai dan organisme tidak baik bagi tubuh yang juga dipengaruhi oleh manusia. Melansir dari laman Environmental Pollution Centers, Selasa (5/6/2018), berikut bahaya dan penyakit yang diakibatkan oleh pencemaran air.

Bahan kimia mungkin tidak terdeteksi oleh indra kita. Bahan kimia bermasalah yang biasa masuk ke air adalah pestisida, pelarut terklorinasi, bahan kimia minyak bumi, merkuri, PCB, dioksin, dan polutan organik lainnya, serta salah satu dari puluhan ribu bahan kimia lainnya yang digunakan dalam proses industri.

Bca juga: 3 Aturan Kerajaan yang Dilanggar Pangeran William, Aksinya Sangat Membahayakan

Organisme hidup (selama mereka diinduksi oleh aktivitas manusia, harap dicatat bahwa beberapa perairan yang tidak terpengaruh oleh aktivitas manusia mungkin masih secara alami terpolusi dengan beberapa organisme ini, di antaranya patogen yang termasuk berbagai organisme hidup (biasanya dari kotoran hewan) seperti berbagai jenis virus, bakteri, jamur, dan cacing usus.

Kehadiran mereka di dalam air, berkali-kali, tetap tidak disadari. Kemudian, ganggang pun memiliki beberapa jenis yang beracun dan dapat tumbuh berlebihan karena adanya nitrat dan fosfat. Racun mereka dapat mempengaruhi rantai makanan, termasuk ikan dan burung, dan pada akhirnya manusia. Penipisan oksigen dalam air yang tercemar adalah masalah serius lainnya yang bertanggung jawab atas pembunuhan ikan di seluruh dunia.

Sementara penyakit pencemaran air yang paling umum mempengaruhi sistem pencernaan atau menyebabkan penyakit menular manusia, polusi air dapat menyebabkan berbagai macam penyakit kesehatan termasuk:

 

Penyakit infeksi yang disebabkan oleh patogen (biasanya mikroorganisme) berasal dari feses hewan, yang paling umum terjadi di negara berkembang, termasuk:

Penyakit tipus

Giardiasis

Amoebiasis

Ascariasis

Cacing tambang

Penyakit yang disebabkan oleh air pantai yang tercemar , termasuk:

Gastroenteritis

Diare

Radang otak

Kram perut dan nyeri

Muntah

Hepatitis

Infeksi pernafasan

Kerusakan hati dan bahkan kanker (karena kerusakan DNA) disebabkan oleh serangkaian bahan kimia (misalnya, pelarut diklorinasi, MTBE)

Kerusakan ginjal yang disebabkan oleh serangkaian bahan kimia

Masalah neurologis, kerusakan pada sistem saraf, biasanya karena adanya bahan kimia seperti pestisida (misalnya DDT)

Kerusakan reproduksi dan endokrin termasuk gangguan perkembangan seksual, ketidakmampuan untuk berkembang biak, kerusakan fungsi kekebalan tubuh, penurunan kesuburan dan peningkatan beberapa jenis kanker, yang disebabkan oleh serangkaian bahan kimia termasuk pengganggu endokrin

Gangguan sistem tiroid (penyebab umum adalah paparan perklorat, yang merupakan bahan kimia yang mencemari badan air besar seperti Sungai Colorado)

Polusi air yang meningkat menciptakan tempat berkembang biak bagi nyamuk pembawa malaria, yang membunuh 1,2-2,7 juta orang per tahun

Serangkaian efek kesehatan yang cukup serius dapat dikaitkan dengan mandi menggunakan air yang terkontaminasi (yaitu air pantai yang tercemar) termasuk:

Ruam

Earaches

Mata merah muda

Polusi air dapat mempengaruhi kita:

Langsung, seperti konsumsi air kota, serta mandi di danau atau pantai yang tercemar

Secara tidak langsung, melalui konsumsi sayuran yang diirigasi dengan air yang terkontaminasi, serta ikan atau hewan lain yang hidup di air yang tercemar atau mengkonsumsi hewan yang tumbuh di air yang tercemar. Hal ini berkali-kali lebih berbahaya daripada terkena dampak langsung melalui konsumsi air, karenabeberapa pencemar berakumulasi pada ikan dan organisme hidup(konsentrasi mereka pada ikan bisa menjadi beberapa kali lipat lebih tinggi daripada konsentrasi air).

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini