Masih Kontroversial, Ganja Dimanfaatkan untuk Obati Eksim

Tiara Putri, Jurnalis · Selasa 05 Juni 2018 22:00 WIB
https: img.okezone.com content 2018 06 05 481 1906933 masih-kontroversial-ganja-dimanfaatkan-untuk-obati-eksim-5BftMC280v.jpg Penyakit Kulit (Foto: Independent)

SELAMA ini daun ganja sering dipandang negatif oleh banyak orang. Hal itu lantaran daun tersebut dapat menyebabkan kecanduan dan berbahaya bagi otak. Akan tetapi, sebenarnya daun ganja bisa menjadi pengobatan medis bila dimanfaatkan dengan baik.

Sejumlah ahli medis diketahui pernah memanfaatkan ganja untuk mengobati kanker, epilepsi, dan penyakit autoimun. Namun bukan berarti semua ganja aman digunakan. Sebuah penelitian baru ganja yang berfokus pada penggunaan ganja untuk pengobatan, menganalisis kandungan didalamnya seperti cannabinoid, cannabidiol, cannabichromene, cannabigerol, dan cannabinol (CBN).

Dari hasil analisis diketahui bila kandungan cannabinoid memiliki manfaat untuk mengobati gejala yang berkaitan dengan penyakit kulit seperti eksim dan psoriasis. Namun bila tidak digunakan dengan benar malah akan meningkatkan risiko penyakit. Kandungan tersebut sebenarnya adalah zat psikoaktif yang menimbulkan efek memabukkan.

Selama ini belum ada obat untuk menyembuhkan eksim. Eksim adalah suatu kondisi yang menyebabkan kulit menjadi gatal, merah, kering, dan pecah-pecah. Menurut National Eczema Association, sudah sejak lama cannabinoid diamati karena memiliki kualitas anti-inflamasi, antimikroba, dan anti-gatal untuk merawat kulit yang terkena eksim.

Di sisi lain, seorang ahli dermatologi dari Amerika Serikat menyatakan cannabinoid terkadang membuat eksim terasa lebih gatal. Kondisi ini bisa terjadi karena efek anti-gatal yang cukup kuat dari cannabinoids saat berinteraksi dengan reseptor di kulit. Sifat anti-inflamasi cannabinoid yang dioleskan secara topikal juga dapat meningkatkan eksim, begitu juga dengan efek anti-mikroba.

Beruntung para peneliti dari University of Colorado menemukan jalan keluarnya. Menurut mereka, penerapan cannabinoid sebagai obat kulit bisa digantikan dengan cannabidoil. Kandungan zat tersebut dapat menyembuhkan eksim atau gejala lain di kulit serta dimanfaatkan sebagai alternatif alami untuk steroid.

“Ada sebagian besar populasi yang tidak suka menggunakan steroid, bahkan pada kulitnya. Namun cannabidoil bisa menjadi alternatif produk alami untuk dicoba. Kandungan itu bisa berfungsi untuk menekan sistem kekebalan dan berpotensi mengobatinya dengan cara yang beda,” pungkas seorang peneliti terkemuka, Dr Robert Dellavalle seperti yang dikutip dari Independent, Selasa (5/6/2018).

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini