Fakta Menarik Tentang Kate Spade yang Mungkin Belum Diketahui

Tiara Putri, Jurnalis · Rabu 06 Juni 2018 16:06 WIB
https: img.okezone.com content 2018 06 06 196 1907269 fakta-menarik-tentang-kate-spade-yang-mungkin-belum-diketahui-k9bajkLTov.jpg Kate Spade dan Suami (Business Insider)

KABAR meninggalnya Kate Spade membuat banyak orang bersedih khususnya kalangan pencinta mode. Semasa hidupnya, perempuan berusia 55 tahun itu sering menciptakan berbagai item fashion yang menarik. Dirinya dikenal karena gaya tas tangan high-end yang penuh warna namun tetap klasik dan aksesoris lainnya.

Melansir USA Today, Rabu (6/6/2018), inilah 6 fakta tentang Kate Spade:

 Baca juga: Pramugari Bocorkan Kelakuan Penumpang yang Berhubungan Intim di Pesawat

Awal karier

Perempuan yang memiliki nama lengkap Katherine Noel Brosnahan itu lulus dari Arizona State University pada tahun 1985 dengan gelar jurnalistik. Setelah lulus, dirinya pindah ke New York dan memulai karirnya di majalah Mademoiselle sebagai editor aksesori. Saat itulah ia mulai melihat tas merupakan kebutuhan yang praktis namun modis.

 Kate Spade

Perjalanan karier

Kate kemudian keluar dari majalah itu dan memulai perusahaan fesyennya bersama dengan sang suami yang juga pengusaha, Andy Spade. Pada 1993, keduanya meluncurkan label Kate Spade. Koleksi pertama dari label itu adalah tas tangan. Insting Kate terhadap tas menjadi kenyataan karena koleksinya mulai dilirik dan terkenal.

 Baca juga: Ditemukan Bunuh Diri, Kate Spade Tinggalkan Pesan Terakhir untuk Putrinya

Bisnis besar

Seiring berjalannya waktu, label Kate Spade menjadi raksasa ritel. Kemudian pada 1999, pasangan Kate dan Andy menjual 56% saham dari bisnis mereka kepada Neiman Marcus seharga USD33.6 juta. Keduanya kemudian meninggalkan perusahaan setelah diakuisisi oleh Liz Claiborne Inc. sebesar USD125 juta. Kemudian perusahaan berubah menjadi Kate Spade & Co. Kate mengatakan alasannya menjual bisnis yang telah dibangunnya karena ingin fokus dengan keluarga.

Penghargaan di bidang industri

Kesuksesan Kate sebagai desainer dan memiliki label sendiri membawanya pada pengakuan dari orang lain. Sepanjang hidupnya, ia telah menerima sejumlah penghargaan. Salah satunya "Perancang Aksesori Terbaik Tahun Ini" pada tahun 1996 dan 1998 oleh Dewan Perancang Mode Amerika (CFDA). Penghargaan ini dianggap sebagai salah satu pencapaian tertinggi dalam industri fesyen.

 Baca juga: Begini 6 Gaya Santai Via Vallen saat Pakai Celana dan Rok Jeans

Kate Spade

Usaha baru

Setelah memutuskan untuk menjual perusahaannya, Kate kembali lagi dalam bisnis fesyen. Pada tahun 2016, ia mengganti nama labelnya menjadi "Frances Valentine" yang sesuai dengan nama putrinya. Label itu memiliki beragam koleksi, mulai dari aksesoris, tas tangan, dan sepatu.

Anggota keluarga

Dari pernikahannya dengan Andy Spade, Kate memiliki satu orang anak perempuan yang saat ini usianya sudah 13 tahun. Selain itu, dia memiliki saudara aktor dan komedian, David Spade. Kate juga merupakan tante dari artis Rachel Brosnahan.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini