Idul Fitri Semakin Dekat, Rumah Juga Perlu Dibuat Bergaya Lebaran

Koran SINDO, Jurnalis · Rabu 06 Juni 2018 16:46 WIB
https: img.okezone.com content 2018 06 06 196 1907381 idul-fitri-semakin-dekat-rumah-juga-perlu-dibuat-bergaya-lebaran-iCUC5dKOwU.jpg Foto: Popsugar

TAK terasa Lebaran hampir tiba. Saatnya Anda menata ulang rumah untuk menghadirkan suasana berbeda saat hari istimewa.

Unsur keindahan dan keserasian rumah selalu ingin diwujudkan dalam rumah, salah satunya mengganti warna cat dinding rumah Anda. Bukan hanya mengutakatik furnitur, Anda pun bisa berkreativitas mengubah tampilan warna di area berkumpul saat hari istimewa nanti. Seperti mengubah tampilan ruang tamu, ruangan ini biasanya menjadi tempat pertama untuk menyambut tamu dan keluarga. Anda bisa memberikan sentuhan warna cokelat supaya tampilan ruang tamu menjadi hangat, formal, tapi tetap lembut.

“Ruang tamu adalah central utama, di mana semua keluarga berkumpul. Sentuhan warna lembut, seperti cokelat, putih, biru, ataupun krem bisa menambah kesan nyaman sekaligus membuat kesan ruangan menjadi classic matt yang memukau. Jadi, setiap orang yang berada di dalamnya bisa tenang dan rileks,” tutur desain interior Ssan Octari Yawhan.

Selanjutnya Anda bisa memadukan dengan furnitur yang memunculkan kesan modern, seperti sofa berdesain minimalis berwarna beige , single chair warna putih, bunga lily yang cantik, serta karpet motif kotak-kotak berwarna krem untuk membuat paduannya menjadi makin selaras.

Foto Squarespace

[Baca Juga: Jangan Senang Dulu saat Buka Kaleng Camilan Lebaran, Intip Meme-nya]

Bila ruang tamu Anda berdekatan dengan ruang keluarga, gunakan divider berbahan besi sebagai pembatas ruang. Berikan sentuhan warna putih bersih yang cantik, maka ruang tamu yang nyaman pun akan semakin terasa dan siap untuk menyambut hari yang fitri.

Ruang selanjutnya yang mendapat sentuhan adalah ruang keluarga, tempat ini menjadi area favorit seluruh keluarga. Cat dinding satin glow bisa Anda aplikasikan di ruangan ini, terlebih bila ruang keluarga Anda tidak terlalu luas. Cat dinding dengan corak lembut dan berkilau menjadikan ruangan yang semula gelap tampak lebih terang.

“Cat dinding jenis satin glow memang sangat pas ditempatkan pada area publik seperti ruang keluarga atau bisa juga di ruang bermain anak. Cat ini sebagai tambahan dekorasi, jadi tanpa aksesori dinding pun sudah terlihat semarak. Namun, untuk lebih dekoratif bisa dipadukan warna merah tua di satu sisi dindingnya untuk memunculkan kesan berani dan beda,” tutur Susan.

Tambahan yang pas untuk dipadukan adalah meja kayu, desk lamp dan beberapa lukisan yang bisa menghadirkan suasana hangat dan akrab. Untuk sofanya pilih warna lembut seperti biru dan disandingkan dengan karpet bulat dengan dominasi warna abu-abu. Akan menjadi serasi jika Anda mengombinasikannya dengan warna cokelat kayu pada rak buku berbentuk unik.

“Untuk furnitur sebenarnya tidak harus yang baru, kita bisa juga mengolah beberapa furnitur lama menggunakan bantal dekoratif yang warnanya bisa disesuaikan. Atau tambahan vas bunga yang diisi bunga cantik berwarna putih,“ ujar Susan.

Ilustrasi. Foto Fabelio

Jangan lupakan tampilan ruang makan. Ruangan ini sebaiknya mempunyai warna yang menarik karena untuk menambah selera makan. Anda bisa memilih warna cerah, seperti kuning, oranye lembut, juga hijau muda.

[Baca Juga: Pemudik Bisa Titipkan Motor di Kantor Kelurahan saat Lebaran]

“Untuk di ruang makan selain pemilihan warna jenis catnya pun harus diperhatikan, sebaiknya pilih jenis cat antinoda yang berkualitas sehingga kekhawatiran terhadap dinding kotor karena noda minuman atau makanan mudah dibersihkan,” papar desain interior yang juga memiliki galeri furnitur ini.

Untuk membuat tampilan ruang makan Anda semakin cantik, maka buatlah per main - an warna pada peralatan makan nya. Unsur pencahayaan dengan menempatkan lampu gantung serta tambahan aksesori pemanis seperti lukisan atau bunga anggrek dengan vas kristal di atas meja. Bukan hanya ruang dalam yang tampil beda saat Lebaran, bagian luar pun juga harus Anda dandani. Cobalah bermain dalam kombinasi warna kontras seperti aplikasi warna cokelat atau warna hijau, Anda pun bisa memadukan dengan warna lemon yang cantik.

“Area luar sebenarnya bagian yang paling leluasa untuk didandani. Kita juga bisa menempatkan meja dan bangku karena acara makan keluarga sesekali bisa dilakukan di sini,” ujar Susan. Jadi, lewat tampilan warna dan beberapa padu padan furnitur, hari Lebaran Anda pun akan makin berkesan dan kembali segar. Selamat mencoba!

(abp)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini