Memasuki Pekan Terakhir Ramadan, Simak Tips biar Semangat Menjalaninya!

Dewi Kania, Jurnalis · Kamis 07 Juni 2018 05:38 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 06 06 196 1907440 memasuki-pekan-terakhir-ramadan-simak-tips-biar-semangat-menjalaninya-dSEEgzoBia.jpg Ilustrasi puasa (Foto: Prevention)

MEMASUKI pekan terakhir Ramadan, sebagian orang mulai kurang semangat untuk melanjutkan puasa. Untuk mencegahnya, ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menggenjot pahala sebelum merayakan momen kemenangan.

Kondisi seperti itu nampaknya wajar terjadi karena Anda mulai lelah fisiknya. Apalagi pekan depan sudah mulai libur bekerja, yang membuat Anda tak sabar menantikan.

Bahkan beberapa orang mulai jatuh sakit karena pola tidur terganggu, berlebihan konsumsi makanan berat di malam hari, dan sebagainya. Untuk itu, Anda harus menerapkan beberapa tips yang cocok untuk mendukung fisik yang kuat agar tetap lancar puasa sebagai berikut, dilansir Thehealthsite, Kamis  (7/6/2018).

 Baca Juga: Eksotisnya Panorama Pertemuan 3 Aliran Sungai Berbentuk Segitiga di Tana Toraja

1. Jangan lupa sahur

Konsultan Gizi Senior dari Primecare Hospital Dr Faiyaz Ali Maniyar, MD, MRCP mengatakan, makan sahur sama pentingnya dengan sarapan pagi. Jika Anda melewatkan sahur, energi mudah hilang dan semangat mulai menurun. Agar tidak malas bangun, bangkitkan dengan selera makan yang menyenangkan. Buat masakan favorit yang sederhana dan tak makan banyak waktu.

2. Hindari makanan yang digoreng

Terlebih lagi, ketika makan sahur Anda harus pilih makanan yang tepat dan bergizi, seperti makanan mengandung karbohidrat kompleks dari gandum dan biji-bijian, makanan tinggi serat dari sereal, kurma, pisang, hingga makanan kaya protein seperti telur, keju, daging. Hindari makanan yang digoreng dan makanan instan, sebab sangat sulit dicerna dalam waktu cepat. Dampaknya bikin perut kembung dan merasa mual.

3. Jagalah agar tubuh Anda terhidrasi

 

Karena Anda tidak dapat minum di siang hari, tubuh bisa sangat dehidrasi selama Ramadan. Untuk mencegah hal ini, Anda harus minum jumlah cairan yang cukup pada periode antara buka dan sahur. Selain minum setidaknya 8-10 gelas air, Anda juga bisa makan buah dan sayuran yang memiliki kandungan air yang tinggi seperti mentimun, semangka, labu, dan lainnya. Jangan lupa juga ya hindari minuman berkafein, yang malah bikin Anda cepat merasa haus.

4. Jangan berolahraga berlebihan

Karena tubuh cenderung mengalami dehidrasi saat berpuasa, Anda harus mencoba untuk tidak berolahraga di siang hari. Meskipun Anda dapat melakukan latihan ringan, tapi ada baiknya berolahraga di malam hari menjelang tidur.

 Baca Juga: Demi Mengurus Anak, Kate Spade Sempat Rela Vakum Kerja 10 Tahun

5. Kontrol porsi makan

Meskipun mungkin Anda tergoda untuk makan banyak pada berbuka, harus mencegahnya. Makan berlebihan akan meningkatkan risiko penyakit yang berhubungan dengan jantung dan diabetes tipe-2. Daripada makan dalam jumlah besar, cobalah makan lebih banyak sup, sayuran, dan buah-buahan. Sudahkah Anda mencobanya?

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini