Share

Benda Alternatif untuk Wadah Makanan yang Ramah Lingkungan

Dewi Kania, Okezone · Rabu 06 Juni 2018 12:35 WIB
https: img.okezone.com content 2018 06 06 298 1907211 benda-alternatif-untuk-wadah-makanan-yang-ramah-lingkungan-uJVWnf7uNe.jpg Roti bungkus (Grovygreenliving)

BUNGKUS atau kemasan makanan plastik bisa menjadi momok bagi lingkungan. Sebab, kemasan plastik mengandung senyawa polyethylene yang susah terurai.

Para pakar memperkirakan dibutuhkan waktu setidaknya selama 500 tahun hingga 1.000 tahun plastik bisa terurai tuntas. Jika kamu tak ingin lingkungan semakin rusak akibat sampah plastik polyethylene, ada pilihan untuk mengubah gaya hidup menjadi lebih ramah lingkungan.

Sebagai gantinya, kamu bisa mengganti kemasan plastik dengan wadah yang tidak untuk sekali pakai. Ini dia beberapa jenis wadah makanan yang ramah ramah bagi lingkungan, dilansir Groovygreenliving, Rabu (6/6/2018).

 Baca juga: Pramugari Bocorkan Kelakuan Penumpang yang Berhubungan Intim di Pesawat

1.Wadah kaca

 Wadah plastik (Huffingtonpost)

Wadah kaca menjadi alternatif utama bagi kamu yang tetap ingin praktis sekaligua menjaga lingkungan dari bahaya plastik. Kamu bisa menggunakabnya berkali-kali tanoa harus mengotori lingkungan. Kamu bisa menggunakab wadah kaca dalam bentuk ompreng ataupun gelas.

2. Biofoam

Biofoam juga bisa digunakan sebagai kemasan pengganti styrofoam yang berbahan dasar alami dan pastinya mudah terurai. Bahan baku untuk membuat kemasan ini menggunakan pati ubi kayu dengan tambahan serat untuk memperkuat struktur kemasan.

 Baca juga: Begini 6 Gaya Santai Via Vallen saat Pakai Celana dan Rok Jeans

3. Kemasan edible

Cara lain jika kamu tidak ingin membuang sampah kemasan plastik dan mencermari lingkungan ialah dengan memakan juga kemasannya. Apa bisa? Tentu bisa. Makanan dengan label edible packaging bisa dikonsumsi berikut kemasannya dan pastinya aman bagi kesehatan. Kemasan edible biasanya ada dua yakni yang berbentuk pelapis dan ada juga yang berbentuk lembaran.

4. Bahan kain

Kain pakaian ataupun handuk berbahan katun bisa digunakan sebagai cover mangkuk. Kamu bisa menggunakan kain bersih sebagai penutup mangkuk ataupun wadah makanan selagi menyimpan makanan di meja makan ataupun kulkas. Ide ini jauh lebih baik ketimbang kamu menggunakan plastik.

Baca Juga: Meet Eat Inspire, Hypernet Technologies Tawarkan Solusi PowerEdge Gen 15 Server

Follow Berita Okezone di Google News

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini