nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jangan Salah Kaprah, Begini Cara Ampuh Jaga Kesegaran Buah Salak

Tiara Putri, Jurnalis · Rabu 06 Juni 2018 21:21 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 06 06 298 1907445 jangan-salah-kaprah-begini-cara-ampuh-jaga-kesegaran-buah-salak-BmRessGgLS.jpg Buah salak (Foto: Worldatlas)

BUAH merupakan jenis makanan yang disarankan untuk dikonsumsi setiap hari karena memiliki banyak manfaat. Di Indonesia, ada banyak sekali jenis buah yang bisa ditemukan di pasar maupun di supermarket. Bahkan ada buah yang mungkin tidak bisa ditemukan di negara lain seperti salak.  

Salak merupakan buah asli dari Indonesia. Salak memiliki bentuk yang khas yaitu kulitnya yang bersisik, daging buah berwarna putih gading, dan ada biji cukup besar berwarna cokelat. Tak sedikit orang yang gemar memakan salak, terutama jenis-jenis tertentu. Sebagai buah, salak memang memiliki beberapa jenis, sebut saja salak pondoh, salak Bali, salak madu, dan salak gula pasir.

   

Salak merupakan buah yang kadar seratnya cukup tinggi. Nutrisi lain yang terkandung pada salak antara lain protein, gula, kalium, zat besi, kalsium, fosfor, vitamin C, vitamin A, serta berbagai antioksidan. Jumlah kalori yang terkandung pada salak juga terbilang sedikit, hanya 82 kalori.

  Baca Juga: Demi Mengurus Anak, Kate Spade Sempat Rela Vakum Kerja 10 Tahun


Kandungan-kandungan pada salak memberikan banyak manfaat seperti meningkatkan daya ingat dan konis, membantu menghilangkan stres oksidatif, menurunkan risiko penyakit neurodegeneratif, meningkatkan stamina, menstimulasi metabolisme, melancarkan pencernaan, mengontrol tekanan darah, menurunkan risiko degenerasi macula, memperlambat perkembangan katarak, serta mengatur kadar gula darah.

Meskipun banyak manfaatnya, pasti kebanyakan orang ingin memakan buah salak yang masih segar. Tidak ada yang mau memakan salah busuk. Untuk menjaga salak tetap segar, salah satu caranya adalah menyimpannya dengan cara yang tepat.

Melansir berbagai sumber, Rabu (6/6/2018), salak sebenarnya merupakan buah tropis yang cara menyimpannya tidak terlalu sulit. Salak bisa disimpan dalam suhu ruangan dan tidak perlu dimasukkan ke dalam kulkas. Malah bila salak disimpan pada ruangan bersuhu rendah, kualitas dan cita rasanya bisa berkurang.

Baca Juga: Eksotisnya Panorama Pertemuan 3 Aliran Sungai Berbentuk Segitiga di Tana Toraja

Menyimpan salak juga tidak perlu dibungkus plastik. Salak bisa bebas diletakkan begitu saja di wadah. Tapi bila ingin aman, salak bisa dibungkus dengan paper bag dan baru diletakkan pada wadah. Untuk mendapatkan salak yang benar-benar segar konsumsilah salak dalam jangka waktu 4 hari.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini