nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sedang Datang Bulan? 5 Makanan Ini Sahabat Sejati untuk Hilangkan Sakit dan Kram Perut

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Rabu 06 Juni 2018 19:31 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 06 06 481 1907293 sedang-datang-bulan-5-makanan-ini-sahabat-sejati-untuk-hilangkan-sakit-dan-kram-perut-7KFuhL8Xbl.jpg Ilustrasi (Foto: Fromthegrapevine)

BAGI kaum hawa, menstruasi atau datang bulan merupakan masa-masa yang paling menyiksa. Selain mood dibuat naik turun, rasa sakit yang ditimbulkan pun terasa menyakitkan.

Pola makan yang sehat akan membantu meringkan masalah yang ditemui selama datang bulan. Berikut Okezone rangkumkan 5 makanan yang baik dikonsumsi saat Anda haid, sebagaimana dilansir dari Insider, Rabu (6/6/2018).

Air mineral

Ketika perut Anda terasa kembung dan kram, salah satu cara untuk mengurangi rasa sakitnya adalah dengan meminum beberapa gelas air minum. Sekilas memang terdengar kontradiktif, namun menurut Healthline, meminum beberapa gelas air justru akan mencegah timbulnya kram. Selain itu, Anda juga bisa mengonsumsi sayuran hijau atau buah yang mengandung banyak mineral.

Air mineral

Salmon

Salmon dan beberapa jenis ikan berdarah dingin lainnya mengandung asam lemak omega-3 yang dapat membantu mengurangi peradangan, dan menghilangkan rasa sakit atau kram yang disebabkan oleh menstruasi. Selain sebagai sumber protein sehat, ikan salmon juga mengandung vitamin D yang berfungsi menyerap kalsium, di mana zat tersebut dapat membantu Anda mengontrol rasa sakit yang sering datang secara tiba-tiba.

Makan Salmon

Baca Juga: Meme-Meme Kocak Mama Lokal Vs Mama Internasional, Dijamin Ngakak

Sayuran berdaun hijau gelap

Kehilangan darah setiap bulan juga berarti bahwa Anda kehilangan banyak zat besi. Inilah yang membuat tubuh selalu merasa lemas dan lesu ketika Anda sedang datang bulan. Solusinya, Anda bisa mengonsumsi sayuran berdaun hijau seperti kangkung, kale, dan bayam sebagai sumber zat besi dan kalsium yang dibutuhkan oleh tubuh. Jika sudah bosan menyantap sayuran tersebut, Anda bisa mengolah brokoli kukus untuk selingannya.

sayuran berdaun hijau

Pisang, nanas, dan kiwi

Ketika menstruasi menyerang jangan ragu untuk mengonsumsi pisang. Buah bertekstur lembut ini mengandung vitamin B6 dan potasium yang dapat meringankan gejala kembung dan kram. Selain pisang, nanas juga sangat dianjurkan karena kandungan bromelain di dalamnya dapat melawan peradangan di dalam tubuh. Sebagai pelengkap, sajikan pula beberapa potong kiwi kecil yang ampuh mencegah sembelit dan rasa sakit akibat kram. Ini berkat enzim actinidin dan serat yang terkandung di dalam buah tersebut.

Makan Kiwi

Baca Juga: Lebaran Tahun Ini Anang-Ashanty Pilih Liburan ke Malang, Habis itu ke Los Angeles

Makanan berkalsium

Ingat, keju bukan satu-satunya sumber kalsium yang bisa Anda konsumsi. Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, sayuran berdaun hijau gelap memeliki kandungan kalsium yang cukup tinggi. Makanan ini bisa dijadikan alternatif terbaik bagi Anda yang tidak dapat atau alergi mengonsumsi produk-produk dairy.

Makanan Kaya Kalsium

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini