nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jangan Asal Pilih, Ini Sederet Sepatu yang Tak Layak Pakai

Dewi Kania, Jurnalis · Rabu 06 Juni 2018 18:14 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 06 06 481 1907308 jangan-asal-pilih-ini-sederet-sepatu-yang-tak-layak-pakai-edJOJ2Yn8r.jpg Ilustrasi Sepatu Wanita. (Foto: Painfocus)

SEPATU telah menjadi salah satu benda yang fashionable dan biasa digunakan wanita untuk mempercantik dirinya. Tapi, seberapa pun kerennya sepatu, tidak semua nyaman untuk dipakai, bahkan beberapa bisa memicu dampak buruk.

Umumnya, jenis sepatu yang sering dipakai banyak orang ialah sepatu flat, sepatu hak tinggi, wedges, hingga sepatu kets kece. Sayangnya, tidak semua jenis sepatu tersebut nyaman untuk dipakai beraktivitas sehari-hari.

Ketua Departemen Biologi Evolusi Manusia di Universitas Harvard Daniel Lieberman dan tim penelitinya menyebutkan, ada beberapa alas kaki yang bisa membuat penggunanya tidak nyaman. Bisa-bisa kaki cedera akibat terlalu lama menggunakan sepatu tersebut.

Baca Juga: Demi Mengurus Anak, Kate Spade Sempat Rela Vakum Kerja 10 Tahun

Lieberman mengatakan, tidak semua sepatu dirancang nyaman untuk kaki. Terutama dari segi bantalan sepatu yang bisa menimbulkan dampak buruk.

"Ketika Anda berjalan menggunakan sepatu, kaki Anda sulit menyentuh tanah yang membuat otot-otot di kaki harus bekerja ekstra, daripada jika Anda bertelanjang kaki," ujar Lieberman, dilansir Independent, Rabu (6/6/2018).

Jika otot kaki tidak terlatih, khawatirnya Anda sering mengalami masalah. Oleh karena itu, sepatu yang menggunakan hak tinggi, sepatu flat, dan wedges tidak dianjurkan untuk digunakan. Selain tidak memperkuat otot kaki, bentuk kaki Anda juga bisa berubah. Ini juga berlaku ketika menggunakan sepatu sempit yang menghasilkan kelainan bentuk kaki.

Sayangnya, tidak banyak orang memperhatikan dampak buruk dari penggunaan sepatu tersebut. Begitu pun dengan jenis sepatu yang jelas nyaman dipakai begitu minim sekali.

Baca Juga: Eksotisnya Panorama Pertemuan 3 Aliran Sungai Berbentuk Segitiga di Tana Toraja

Adapun sepatu yang nyaman dan aman untuk tumit, adalah sepatu kets, yang hampir minim efek samping. Meskipun terkadang harganya cukup mahal. "Memilih sepatu yang tepat dan bermanfaat ialah memilih sepatu yang sangat mirip dengan alas kaki telanjang," imbuh dia.

Saat menggunakan sepatu tersebut, Anda jadi tidak cepat lelah. Berjalan pun jadi nyaman dan percaya diri, apalagi sekarang banyak desain dan motif menarik yang nyaman dipakai.

(mrt)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini