Atasi Masalah Ketombe dan Rambut Berminyak, Coba Pakai Jeruk Nipis!

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Jum'at 08 Juni 2018 05:04 WIB
https: img.okezone.com content 2018 06 07 194 1907901 atasi-masalah-ketombe-dan-rambut-berminyak-coba-pakai-jeruk-nipis-Zde4nTbBq9.jpg Jeruk nipis bantu usir ketombe (Foto: Homesogood)

JERUK nipis atau lemon sudah dikenal luas memiliki khasiat untuk menyingkirkan masalah ketombe. Namun, kegunaan jeruk nipis pada rambut tidak hanya itu saja, tetapi cukup banyak.

Kandungan nutrisi dalam sebutir lemon yang sangat kaya menjadikannya sangat bermanfaat untuk rambut. Vitamin C, B, asam folat, dan mineral seperti fosfor, magnesium, serta kalsium, membuat lemon sangat sempurna untuk rambut yang sehat.

Berikut manfaat-manfaat lemon bagi rambut, dinukil dari Rewardme dan Homesogood, Jumat (8/6/2018).

1. Mencegah dan mengurangi ketombe

Jus lemon sangat efektif dalam mencegah dan mengurangi masalah ketombe dari kulit kepala. Anda bisa mencampur jus lemon dengan minyak kelapa untuk mendapatkan khasiat maksimal. Oleh ramuan tersebut ke kulit kepala dan pijat lembut selama 5-10 menit guna mengatasi masalah ketombe.

Ketombean

2. Mengatasi masalah rambut berminyak

Punya rambut berminyak memang enggak enak. Tenang, kamu tidak perlu khawatir berlebihan. Gunakan jus lemon secara rutin untuk membilas rambut agar manfaatnya terasa. Penggunaan secara rutin dapat mencegah kulit kepala berminyak serta membuat rambut lebih cantik serta terlihat sehat.

3. Mencegah rambut bau

Keringat berlebih bisa menyebabkan rambut menjadi bau. Jus lemon adalah cara ampuh untuk mengatasi bau rambut tersebut. Bilas rambut kamu dengan jus lemon secara rutin sehingga bau sedikit demi sedikit hilang.

Rambut Bau

4. Membantu menumbuhkan rambut

Kandungan vitamin C yang kaya dalam sebutir lemon dapat membantu meningkatkan produksi kolagen rambut yang berguna untuk menumbuhkan mahkota Anda. Sifat asam pada lemon juga membantu menguatkan folikel atau kantung rambut sehingga mencegah kerontokan.

Meski punya banyak kegunaan bagi rambut, kamu juga perlu memperhatikan beberapa hal agar sifat asam pada lemon tidak malah merusak. Jangan terlalu banyak menggunakan lemon karena sifat asamnya dapat membuat rambut justru menjadi kering dan rapuh. Lemon juga merupakan zat pemutih sehingga jangan dibiarkan meresap di rambut lebih dari 10 menit.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini