nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Zahra Lari, dari Penari Es Berhijab hingga Jadi Desainer Jilbab Olahraga

Koran SINDO, Jurnalis · Kamis 07 Juni 2018 11:29 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 06 07 196 1907652 zahra-lari-dari-penari-es-berhijab-hingga-jadi-desainer-jilbab-olahraga-367JBrvhkN.jpg Foto: Sport360.com

SETIAP Hari bertemu dengan padang pasir membuat Zahra Lari begitu terpesona dengan lapangan es. Pertemuan pertamanya dengan es dan salju bukan karena diajak kedua orang tuanya berlibur keluar negeri.

Suatu saat, Zahra Lari kecil yang kala itu berusia 12 tahun menonton film buatan Disney, Ice Princess . Film yang diperani oleh Michelle Trachtenberg tersebut bercerita tentang anak gadis yang bermimpi menjadi yang terbaik di kompetisi seluncur indah. “Saya jatuh cinta dengan film tersebut dan saya setelahnya tahu apa yang ingin saya lakukan selanjutnya,” kenang Zahra Lari. Dari situlah Zahra Lari kecil memiliki satu mimpi besar menjadi seorang atlet seluncur indah. Beruntung Zahra Lari memiliki orang tua yang sangat mendukung keinginan anaknya.

Ayahnya, Fadhel A Lari, adalah seorang eksekutif perusahaan telekomunikasi di Abu Dhabi, sementara ibunya, Roquiya Cochran, adalah wanita yang dilahirkan dan mendapat pendidikan tinggi di Amerika Serikat. Keduanya begitu mendukung keinginan Zahra Lari untuk mencoba bermain seluncur indah. Fadhel bahkan sangat senang mengajak anak perempuannya itu bermain seluncur indah di Zayed Sports City. Saat itu dia memang mengira Zahra Lari sekadar ingin bermain seluncur indah. Namun begitu Zahra Lari berniat untuk menari di atas es di tingkat yang lebih tinggi lagi, Fadhel mulai sedikit bimbang. “Awalnya memang sulit meyakinkan ayahnya. Dia menyayangi anaknya itu dan tidak ingin melihat anak perempuannya disakiti oleh ucapan orang lain,” ujar Roquiya.

Roquiya, yang masih tercatat sebagai warga North Carolina, Amerika Serikat, memang sangat all-out untuk mendampingi Zahra menggapai mimpinya. Dia bahkan menjadi inisiator organisasi seluncur indah di Uni Emirat Arab. Dengan terbentuknya organisasi tersebut, Uni Emirat Arab bisa tercatat sebagai anggota International Skating Union (ISU). Tentunya dengan terdaftar, atlet seluncur indah Uni Emirat Arab bisa berkompetisi di level internasional. Tidak terkecuali Zahra Lari. Inilah yang tidak pernah dibayangkan oleh Fadhel sebelumnya. Dia tidak mengira si kecil Zahra Lari justru ingin terbang lebih tinggi lagi. Namun, Fadhel tetap ingin anaknya bahagia. Dia akhirnya mengizinkan Zahra Lari mewujudkan mimpinya.

Penari zahra-lari. Foto emirateswoman.com

[Baca Juga: Zahra Lari, Penari Es Berhijab dari Padang Pasir]

Permintaannya satu, Roquiya dan pelatih Zahra Lari, Noemi Bedo, agar tetap berhatihati menyiapkan kostum seluncur indah yang tidak melanggar aturan Islam dan pandangan masyarakat Timur Tengah. “Kami masih menyadari memang hal ini sangat sensitif, makanya kami berusaha menyiapkan kostum yang memang sesuai buat agama dan Zahra,” kata Noemi Bedo. Kehati-hatian tersebut justru sangat bermanfaat buat Zahra Lari. Perusahaan perlengkapan olahraga ternama di dunia, justru melihat Zahra Lari merupakan sosok yang tepat untuk mereka. Perusahaan yang bermarkas di Amerika Serikat itu beranggapan Zahra Lari sangat mengerti kebutuhan atlet perempuan Islam yang mengenakan hijab.

Mereka akhirnya meminta Zahra Lari menjadi desainer hijab olahraga yang akan digunakan oleh atlet-atlet Islam dengan hijab. Tentu saja tawaran tersebut langsung diterima oleh Zahra Lari. Dia tidak menyangka perusahaan sebesar itu justru peduli dengan kebutuhan atlet perempuan Islam dengan hijab. “Apa yang dilakukan Ni** sangat positif. Ini merupakan dukungan bagi kami agar tetap berprestasi,” ujar Zahra Lari.

Meski demikian, Zahra Lari paham masih banyak orang yang tidak setuju dengan kiprahnya di seluncur indah. “Di akun Instagram saya masih banyak yang menghujat. Saya menghargainya dan saya harap mereka bisa mengatakannya langsung di depan saya,” ucapnya.

Zahra Lari Penari. Foto Istimewa

[Baca Juga: Untuk Hijabers Pemula, Ini Tips Memilih Hijab biar Tetap Istiqomah]

Ketika ditanya apakah dia telah melakukan suatu tindakan yang besar karena berkiprah di seluncur indah, Zahra Lari menjawab singkat. “Saya tidak berpikir melakukan suatu hal yang besar. Saya hanya melakukan hal yang sangat saya cintai,” pungkasnya.

(abp)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini