Share

Sibuk dan Kewalahan Jadi Ibu Baru? Redakan dengan 5 Tips Ini

Pradita Ananda, Jurnalis · Jum'at 08 Juni 2018 07:04 WIB
https: img.okezone.com content 2018 06 07 196 1907868 sibuk-dan-kewalahan-jadi-ibu-baru-redakan-dengan-5-tips-ini-5ZvLvGRYT9.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

MENJADI seorang ibu, adalah impian dari sebagian besar wanita. Namun pada akhirnya, di kehidupan nyata status menjadi seorang ibu baru ini juga harus dibarengi dengan tanggung jawab yang besar.

Tidak hanya momen indah karena dikarunia seorang anak, pada awalnya kebanyakan ibu baru merasa senang bisa tinggal di rumah untuk mengurus sang anak. Namun di saat yang bersamaan seorang ibu baru yang awalnya adalah wanita karier, segera menyadari kenyataan bahwa harus kembali bekerja dan meninggalkan anak selama jam bekerja.

Meninggalkan anak untuk kembali bekerja seperti biasa inilah yang biasanya membuat kebanyakan ibu baru merasa kehidupannya menjadi hectic, sehingga diri menjadi kewalahan. Urusan anak di rumah, tapi di satu sisi pekerjaan di tempat bekerja juga meminta perhatian penuh untuk dikerjakan dengan baik.

Jangan keburu takut atau merasa khawatir berlebihan dulu Moms, karena kewalahan dan situasi yang hectic ini bisa diredakan dengan melakukan langkah-langkah yang tepat. Menyitat Allwomenstalk, Jumat (8/6/2018) berikut 5 tips yang bisa dicoba untuk meredakan kehidupan yang riuh dan kewalahan sebagai seorang ibu baru.

 

 (Baca Juga:Gemas Banget, 3 Anjing Muncul dari Lubang Pagar Rumah Sapa Wisatawan di Jepang)

1. Sigap cari bala bantuan

Pertama-tama biasanya ibu baru mau mengurus segala sesuatu tentang anaknya dengan tangannya sendiri. Tidak disadari, waktu terus berlalu dan kemudian barulah tersadar waktu masuk bekerja sudah di depan mata. Jangan menunggu kenyataan baru menyadarkan Anda, carilah bala bantuan alias suster atau pengasuh bayi Anda sesegera mungkin sebelum waktu masuk bekerja sudah tiba.

2. Manfaatkan waktu untuk tidur siang

Salah satu konsekuensi jadi ibu baru biasanya adalah kurangnya waktu untuk tidur karena siang malam pasti sibuk mengurus sang bayi. Tidur jadi sesuatu yang mewah bagi ibu-ibu baru, inilah makanya ketika ada waktu luang segera manfaatkan untuk bisa tidur walau hanya tidur siang sesaat. Cara simpel ini akan bisa membantu membuat diri merasa lebih segar.

 (Baca Juga:Seluk Beluk THR dan Negara yang Menjalankannya Selain Indonesia)


3. Olahraga

Mengembalikan bentuk tubuh saat sebelum hamil dan melahirkan memang bukanlah pekerjaan yang mudah. Olahraga di sini maksudnya bukanlah semata-mata bertujuan untuk kembali langsing, namun tidak ada salahnya untuk tetap meluangkan waktu berolahraga ringan di sela kesibukan mengurus anak. Bersepeda, jalan kaki, lari ringan atau lakukan saja hal-hal yang dapat membuat Anda berkeringat. Dengan begitu, ketika keringat keluar Anda akan bisa merasa lebih baik.

4. Makan dengan benar

Ketimbang mengonsumsi camilan macam-macam yang tak sehat seperti keripik kentang, cobalah untuk mengemil buah-buahan, seperti apel. Tahukah Anda, ketika makan dengan baik maka perasaan diri juga jadi lebih baik. Makan dengan baik dan benar juga membuat Anda sebagai ibu baru jadi punya energi lebih untuk bergelut dengan aktivitas kehidupan sebagai ibu baru.

5. Inhale dan exhale

Ya, sesibuk dan seriuh apapun kehidupan Anda sebagai ibu baru, jangan lupa untuk selalu mengambil nafas dalam-dalam dan menghelakannya. Ambil nafas dalam ketika Anda merasa segala sesuatu yang dihadapi terlalu riuh dan chaos, pejamkan mata sebelum kembali ‘bertarung’.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini