nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Opor Ayam dan Gulai Kurma, Hidangan Lezat untuk Lebaran! Yuk Simak Resepnya

Koran SINDO, Jurnalis · Kamis 07 Juni 2018 21:35 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 06 07 298 1907981 opor-ayam-dan-gulai-kurma-hidangan-lezat-untuk-lebaran-yuk-simak-resepnya-KY3AWW8KoK.jpg Opor Ayam (Foto: Royco)

OPOR ayam merupakan salah satu menu wajib saat Lebaran. Tak ingin menyajikan opor ayam yang biasa-biasa saja? Tambahan bahan dan resep, serta tips berikut ini bisa jadi inspirasi Anda.

Opor ayam yang berkuah legit, begitu pas dinikmati bersama potongan ketupat. Pelengkapnya adalah sambal dan kerupuk kulit. Inspirasi pelengkap opor ayam ditambah dengan pendamping kerupuk kulit bisa membuat sajian jadi beda, seperti menu yang ada pada pop chicken confit di Restoran Feast by Kokiku.

Bumbu untuk kuah masih sama, seperti halnya ketika memasak opor yang menambahkan kunyit dan kuah santan. Pop chicken confit dengan tambahan kerupuk kulit tampak spesial dihidangkan di meja makan. P op chicken confit yang kuahnya cukup kental juga terasa bumbu rempahnya. Tambahan kerupuk kulit membawa tekstur tersendiri saat menyantap menu ini bersama ketupat.

(Baca Juga:Kejutan Spesial Hamish Daud untuk Istri, Kue Ultah hingga Foto Imut Masa Kecil Raisa)

 

Selain tambahan kerupuk kulit, opor ayam juga semakin istimewa bila diperhatikan dari segi pengolahannya. Head chef dari Wee Nam Kee Indonesia, Dede Mulyana, memberikan tips seputar mengolah ayam agar hasilnya lebih enak. “Pertama sekali, ayam harus diperhatikan kebersihannya karena ayam negeri juga banyak jenisnya. Ada yang empuk, ada yang alot. Saran saya cari yang betul-betul agak kenyal teksturnya jika dipegang, dagingnya juga agak basah sehingga ayamnya nanti juicy saat diolah,” kata Chef Dede. Kemampuan untuk memilih ayam negeri yang baik menjadi syarat utama agar opor nantinya istimewa. Ciri lainnya ayam yang baik untuk diproses adalah pilih yang bentuknya agak bulat, jangan yang panjang.

Sebab ayam yang bentuknya bulat itu betina, biasanya dagingnya juga akan lebih empuk. Adapun bahan dasar untuk memarinasi ayam sebelum diolah, cukup dengan garam, lada, jahe, dan kunyit. Kunyit ditambahkan untuk menghilangkan racun dan bisa berfungsi sebagai antiseptik. Untuk marinasi ayam ini sudah meresap bumbu jika didiamkan selama 1 jam. Agar mendapat kerenyahan sebelum diolah menjadi opor, olahan ayam dimarinasi terlebih dahulu, lalu digoreng setengah matang atau tidak terlalu kering.

Kemudian, tumis bumbu dasar halus untuk opor, tuangkan dengan santan. Masak dan masukkan ayam yang telah dimarinasi dan digoreng tadi. Terakhir jangan lupa tambahkan taburan bawang merah goreng dan kerupuk kulit sebagai pelengkap akhir. Opor ayam istimewa pun siap tersedia.

Gulai Kurma, Menu Inspiratif untuk Lebaran

 

Tak terasa Lebaran hampir tiba, sebagai puncak dari sebulan menjalani Ramadan penuh makna. Tentu ketika hari raya, Anda ingin menyajikan sesuatu yang spesial di meja makan. Termasuk menu tak biasa seperti gulai kurma berikut. Dari tiap makanan yang tersaji apa menjadi favorit Anda? Jika ingin menyajikan sesuatu berbeda pada Lebaran nanti, menu inspiratif tak biasa seperti gulai kurma bisa menjadi alternatif.

Di samping meja makan juga akan dipenuhi dengan makanan, seperti opor ayam, sambal goreng kentang hati, maupun rendang. Gulai kurma merupakan salah satu sajian dari Ranah Minang. Sayangnya, gulai kurma tidak setenar rendang ataupun dendeng balado. Biasanya, gulai kurma disajikan dengan daging dan kentang. Namun, apa pun itu gulai juga cocok bila menghidangkannya bersama ayam. Dalam sebuah undangan dari Kedutaan Besar Amerika, Chef Stefu Santoso dari Amuz Gourmet memberikan ide masakan Lebaran dengan menambahkan kurma pada masakan yang kemudian membawa cita rasa lebih kaya di bumbunya.

“Kombinasinya kurma di sini juga saya sertakan apel yang diblender untuk memberi rasa manis. Ini terinspirasi dari menu lamb kurma yang bila dipadukan masih cocok dan termasuk makanan representatif,” ungkapnya. Menurut Chef Stefu, ayam sebagai bahan utama atau bisa diganti dengan daging sapi. Lalu kurma dicampurkan dengan apel washington yang diblender agar ada kekentalan tertentu dan rasa manis gurih berkat percampurannya. Resep gulai sendiri untuk empat hingga lima porsi makan memerlukan bahan 1 ekor ayam dipotong menjadi beberapa bagian, 800 ml santan, 1 lembar daun kunyit, 1 batang serai yang dimemarkan, 2 lembar daun salam, 5 lembar daun jeruk, kurma sesuai selera, 1 buah apel washington, dan 2 keping asam kandis.

 (Baca Juga: Gaya Berciuman Bisa Ungkap Karakter Asli Pasangan, Kamu Tipe yang Mana?)

Adapun bumbu halusnya memerlukan 8 siung bawang merah, 5 siung bawang putih, 1 ruas jari jahe, 1 ruas jari lengkuas, 1 sendok teh ketumbar, 1 sendok teh merica putih, setengah sendok teh jintan. Tambahan lainnya adalah garam, rempah kapulaga secukupnya, 4 butir cengkeh, dan 3 cm kayu manis. Untuk mengolahnya, pertama cuci bersih ayam, lalu panaskan minyak goreng. Tumis bumbu halus, daundaun, dan rempah-rempah sampai wangi. Masukkan ayam, aduk sampai ayam terbalur bumbu. Tutup sebentar sampai ayam berubah warna. Tuang santan, aduk-aduk sampai mendidih agar santan tidak pecah. Masak sampai ayam empuk, santan kemudian akan menyusut dan mengental.

Masukkan asam kandis. Masak sebentar. Cicipi rasanya dan matikan kompor. Ayam gulai kurma siap dihidangkan. Adapun bila ingin mengganti ayam dengan daging sapi, waktu memasak akan lebih lama karena tingkat kematangan daging perlu waktu lebih untuk bisa empuk dagingnya.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini