nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ingin Berlibur ke Gunung Berapi? Cek Fakta-Fakta Dibaliknya

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Kamis 07 Juni 2018 17:01 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 06 07 406 1907787 ingin-berlibur-ke-gunung-berapi-cek-fakta-fakta-dibaliknya-zJaX6CbSsb.jpg Gunung Berapi (Smugsmug)

BERWISATA menuju pegunungan tentu sangat mengasyikkan. Menyaksikan pemandangan hijau dari ketinggian akan memberikan sensasi tersendiri bagi Anda.

Namun, apa jadinya jika yang Anda kunjungi adalah gunung berapi? Tentu akan ada beberapa hal yang wajib kalian waspadai supaya liburan Anda semakin seru dan tidak membahayakan.

 Baca juga: Kontes Kecantikan Bergengsi Ini Hapus Peragaan Pakaian Renang

Jika Anda merupakan seorang petualang dan menyukai tantangan, maka berkunjung ke gunung berapi Kilauea dan Volcan de Fuego di kepulauan Hawaii, bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda.

Meski demikian, untuk mengunjungi tempat ini, Anda terlebih dahulu dituntut untuk memahami seluk beluk gunung berapi. Sebagaimana dilansir dari Express, Kamis (7/6/2018), Okezone akan membahas delapan fakta mengenai gunung berapi di dunia.

 Gunung Berapi

1.Kilauea adalah jenis gunung api perisai yang memiliki permukaan datar dan lebar seperti sebuah perisai yang tergeletak di tanah. Sementara Volcan de Fuego merupakan gunung api berjenis stratovolcano yang memiliki ciri khas puncaknya yang menjulang tinggi.

 Baca juga: Pramugari Bocorkan Kelakuan Penumpang yang Berhubungan Intim di Pesawat

2.Gas-gas pada gunung Stratovolcano mengerahkan tekanan besar dan letusan yang keras. Sementara gunung berapi perisai bergerak sangat lambat.

3.Sebutan gunung api diadopsi dari nama Dewa Api Romawi, Vulcan.

4.Letusan gunung berapi terakhir di Inggris terjadi di Dataran Tinggi Skotlandia. Letusan itu telah terjadi pada 55 juta tahun lalu.

5.Ben Nevis adalah salah satu nama gunung berapi yang sudah punah.

 Baca juga: Gaya Berciuman Bisa Ungkap Karakter Asli Pasangan, Kamu Tipe yang Mana?

Gunung Berapi (expertvagabond)

6.Sekira lima persen dari populasi di dunia hidup dalam zona bahaya gunung berapi aktif.

7.Gunung berapi adalah retakan permukaan bumi di mana gas panas, abu dan magma dapat lolos. Magma yang muncul dari permukaan tanah disebut lava.

8.Ketika Gunung Krakatoa meletus pada 1883, suaranya menjadi terkeras yang pernah didengar manusia. Suaranya mampu meledakkan gendang telinga sejauh 40 mil. Secara keseluruhan suara ledakan gunung tersebut terdengar hingga radius 3.000 mil jauhnya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini