nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

13 Tahun Dokumentasikan Istrinya yang Sakit, Kisahnya Sungguh Mengharukan

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Kamis 07 Juni 2018 13:48 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 06 07 481 1907736 13-tahun-dokumentasikan-istrinya-yang-sakit-kisahnya-sungguh-mengharukan-v8M8OIBUbA.jpg Rikard dan Zara (Foto: Rikard Osterlund)

PENYAKIT fibromyalgia, membuatnya sulit untuk berjalan, memegang sesuatu, dan memakai baju. Fibromyalgia adalah sindrom hipermobilitas, sebuah kondisi yang menyebabkan rasa sakit di sekujur tubuh, yang mengakibatkan persendian bergerak di luar jarak normal.

Kondisi tersebut harus dirasakan oleh Zara Osterlund, seorang seniman, yang tinggal di Rochester, Inggris. Suaminya, Rikard Osterlund, sengaja mendokumentasikan hidup istrinya yang sudah menderita selama 13 tahun terakhir.

Juru foto itu tidak hanya merekam segala gerak-gerik istrinya saja, tetapi juga untuk memahami seperti apa penyakit kronis yang dihadapi Zara. Rikard ingin agar orang-orang memahami sebuah hidup yang penuh ketenangan meski harus merasakan sakit yang teramat sangat.

(Baca Juga: Pramugari Bocorkan Kelakuan Penumpang yang Berhubungan Intim di Pesawat)


“Rasanya sungguh kompleks untuk hidup dengan kondisi yang disembunyikan. Rasa sakit kronis dapat dengan mudah membuat Anda merasa tidak bisa mengontrol tubuh sendiri hingga dihinggapi depresi,” ucap Rikard Osterlund, mengutip dari Metro, Kamis (7/6/2018).

“Respons dan reaksi dari orang-orang dapat memperburuk kesehatan mental Anda. Karena jarang dibicarakan, sangat mudah merasa bahwa Anda satu-satunya orang yang mengalaminya. Ketika ada di tengah situasi seperti ini, sangat sulit untuk melihat segala sesuatu, memahami emosi, serta apa yang terjadi,” imbuhnya.

Ia mengaku dapat memahami dengan jelas apa yang dialami oleh Zara lewat foto-foto serta video dokumentasi. Dengan cara demikian, Rikard ingin membagi pengalamannya dengan orang lain yang hidup dengan penyakit kronis, tetapi tidak mau terbuka dengan orang lain.

 (Baca Juga: Gaya Berciuman Bisa Ungkap Karakter Asli Pasangan, Kamu Tipe yang Mana?)


Keduanya bertemu saat Zara masih berprofesi sebagai model dan Rikard sudah menjadi fotografer di sebuah peragaan busana level perguruan tinggi. Zara dan Rikard lantas memutuskan untuk hidup bersama. Tinggal dengan Zara berarti harus menerimanya dengan utuh, sekaligus penyakitnya. Namun, Rikard dengan cepat beradaptasi dan belajar mengenai kekasihnya itu.

Ia mengaku sudah tahu sejak awal mengenai penyakit yang diderita Zara. Rikard lantas meminta izin untuk mendokumentasikan kehidupan Zara sehari-hari. Ia mengaku sangat sulit untuk memotret hari-hari berat yang dijalani Zara di masa-masa awal.

“Sangat penting buat kami untuk melihat segalanya dalam bentuk dokumentasi. Saya sulit mengatakan sesuatu jadi fotografi adalah cara terbaik untuk menangkap serta membahasakannya kepada dunia, sesuatu yang saya rasa sulit di awal,” kata Rikard Osterlund.

 

Bagi Zara pribadi, foto-foto itu adalah caranya untuk mengekspresikan penyakit yang tak kasat mata dan berbicara dengan orang lain. Menurutnya, penyakit hampir pasti hinggap di setiap orang. Sangat aneh jika orang-orang menyembunyikan atau merasa malu dengan penyakit yang diderita.

Pasangan suami istri itu kemudian mendanai pembuatan buku foto di Kickstarter pada Mei 2018. Keduanya berharap foto-foto itu akan berbicara kepada orang lain mengenai pengalaman hidup dengan penyakit yang tak kasat mata.

 

“Saya yakin seni dan kemampuan bercerita akan punya dampak besar pada perspektif kita. Sangat penting bagi kami berdua untuk menyampaikan cerita ini, agar orang-orang tahu mereka tidak sendirian. Sangat hebat rasanya bila berhasil mematahkan stigma,” tutup Rikard.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini