nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

8 Manfaat Rutin Bersepeda, Mulai dari Bantu Cegah Kanker hingga Panjang Umur

Lidya Julita Sembiring, Jurnalis · Jum'at 08 Juni 2018 04:25 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 06 07 481 1907795 8-manfaat-rutin-bersepeda-mulai-dari-bantu-cegah-kanker-hingga-panjang-umur-eMFAEhzzl8.jpg Ilustrasi (Foto: Beautyhealthtips)

OLAHRAGA pada zaman sekarang ini sudah menjadi gaya hidup banyak orang. Olahraga juga sudah banyak ragamnya mulai dari zumba hingga TRX. Olahraga dilakukan biasanya sebagai salah satu cara untuk menurunkan berat badan atau menjaganya tetap ideal.

Tapi, olahraga tidak hanya bisa dilakukan dengan cara tersebut tapi juga bisa dengan bersepeda. Bahkan bersepeda diyakini dapat membantu menurunkan berat, menyembuhkan cedera, hingga bisa membuat Anda lebih cerdas.

Dilansir dari Bicycling, berikut 8 manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan olahraga bersepeda secara rutin.

Lebih Cerdas

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Charles Hillman pada tahun 2007 menunjukkan bahwa olahraga meningkatkan kekuatan otak dan membantu mencegah Alzheimer (penyakit lupa) pada orang tua. Pada tahun yang sama, Dr. Phil Tomporowski mencatat bahwa anak-anak lebih mudah dipengaruhi untuk positif pada waktu bersepeda. Selain itu, bersepeda juga dapat membantu mengendalikan masalah seperti anak yang mempunyai perhatian buruk (Attention Deficit Disorder/ADD).

Pria Berpikir

Sembuh dari Cedera

Sebuah penelitian baru menemukan bahwa pasien lansia dengan nyeri lutut dan osteoarthritis, bisa memperbaiki kondisinya ketika bersepeda dilakukan sebagai olahraga rutin mereka. Rasa sakit tersebut memang wajar di alami seiring bertambahnya usia, maka meluangkan waktu untuk bersepeda akan sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Tidak perlu lama, cukup hanya berputar beberapa menit sehari dapat sangat bermanfaat.

Menjaga Hati

Bersepeda juga bagus untuk kesehatan hati Anda. Sebuah penelitian baru-baru ini dalam Medicine & Science in Sports & Exercise menyatakan, butuh menghabiskan waktu lima tahun untuk melihat aktivitas olahraga apa yang dilakukan oleh 1.500 subjek. Tapi hasilnya diketahui, bahwa mereka yang aktif olahraga setiap hari adalah bagian dari 31% orang yang paling jarang mengalami tekanan darah tinggi.

Merasa seksi

Sebuah survei terhadap 600 pria dan wanita yang ditugaskan oleh The British Heart Foundation menemukan fakta bahwa pengendara sepeda dianggap sebagai 13% orang yang lebih cerdas dan lebih fresh dibandingkan orang lain yang tidak bersepeda. Sedangkan, 23% orang mengatakan seorang atlet sepeda akan menjadi pilihan utama mereka jika melakukan kencan buta.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini