Makan Sahur Pakai Oat, Ini 4 Fakta Menariknya!

Dewi Kania, Jurnalis · Sabtu 09 Juni 2018 03:04 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 06 08 298 1908355 makan-sahur-pakai-oat-ini-4-fakta-menariknya-4XtH201uIc.jpg Oats bermanfaat untuk kesehatan (Foto: BBC)

JIKA Anda ingin sahur praktis dan cepat, tapi malas masak, bisa mengandalkan makan oat. Menu ini sangat mengenyangkan dalam wakttu lama dan tidak membosankan.

Oat bisa juga dikombinasikan dengan buah dan kuah masakan seperti kuah soto atau sop. Pastinya Anda tambah semangat makan dengan lahap.

Selain enak, oat juga punya nutrisi yang melimpah. Manfaatnya tak diragukan lagi, seperti dapat melancarkan sistem pencernaan, menjaga berat badan supaya tetap ideal, menstabilkan tekanan darah dan gula darah tetap stabil.

Beberapa penelitian terbaru juga menyebutkan bahwa oat dapat membakar lemak tubuh. Oat juga dapat meningkatkan massa otot dalam tubuh yang berguna.

Karena sering dianggap baik, Anda harus tahu fakta-fakta dari oat yang menarik. Berikut ulasannya, dilansir Boldsky, Sabtu (9/7/2018).

1. Oat memiliki karbohidrat rendah

Karena rendah karbohidrat, oat tidak hanya membantu kita dalam mengurangi lingkar pinggang, tetapi juga membantu melindungi tubuh kita dari masalah obesitas. Oat juga membantu dalam mengurangi risiko sindrom metabolik. Ini sangat berguna bagi orang untuk mengurangi risikonya.

Manfaat Oat

2. Oat kaya serat

Studi menunjukkan bahwa satu cangkir gandum mengandung 4-5 gram serat. Kandungan serat ini bekerja melawan jaringan yang menyimpan lemak. Lemak yang terkumpul membuat tubuh kita membuat tubuh cepat gemuk. Tapi kalau Anda rajin makan oat dapat membantu melawan penimbunan lemak.

3. Oat kaya protein dan karbohidrat kompleks

Dua nutrisi tersebut ditemukan dalam oat berupa beta-glukan dan saponin steroid. Beta-glukan adalah sejenis karbohidrat baik yang dibutuhkan oleh tubuh. Di sisi lain, oat juga kaya protein yang bisa menjaga sistem kardiovaskular lebih sehat.

4. Oat mencerna makanan dengan cara yang berbeda

Oat mencerna makanan dengan cara yang relatif lambat, karenanya mereka tidak memiliki banyak dampak pada tekanan darah. Kolesterol yang umumnya ditemukan pada manusia, dapat dikurangi dengan asupan oat yang tepat. Karenanya Anda harys makan oat saat sahur yang begitu praktis.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini