nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Nikmati Liburan di Pesisir Jakarta, Terpampang Kuliner hingga Kebudayaan Betawi

Annisa Aprilia, Jurnalis · Jum'at 08 Juni 2018 09:16 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 06 08 406 1908102 nikmati-liburan-di-pesisir-jakarta-terpampang-kuliner-hingga-kebudayaan-betawi-RIOzIrF8wA.jpg Traveling (Local guides)

JANGAN sedih karena tidak bisa liburan ke luar kota atau luar negeri musim liburan tahun ini, sebab berlibur Lebaran di dalam kota pun bisa jadi menyenangkan. Deretan destinasi wisata di Jakarta, seperti Kebun Binatang Ragunan, Monumen Nasional atau Monas, Kawasan Kota Tua, hingga Ancol masih jadi lokasi favorit masyarakat yang tidak mudik dan kota sekitarnya.

Namun, ketika menyambangi Ancol misalnya, saat libur Lebaran terkadang bisa jadi mengecewakan, karena kepadatan pengunjung dan tidak disiplinnya pengunjung yang memarkir kendaraannya di sembarang tempat. Padahal, Ancol bisa jadi lokasi yang tepat, karena memiliki banyak tempat-tempat yang menarik untuk berlibur dan menyegarkan pikiran bersama keluarga.

Baca juga: Ternyata Bedak Ini yang Jadi Rahasia Cantik Mulan Jameela Setiap Kali Dandan!

“Tahun ini keramaiannya akan berbeda, acara pun berbeda, maka persiapannya juga berbeda. Kita benar-benar ambil perhatian lebih detail terkait pengamanan, lalu lintas akan lebih baik lagi,” ungkap C. Paul Tehusijarana, Direktur Utama PT Taman Impian Jaya Ancol, dalam sambutannya di acara Konferensi Pers Ancol Lebaran Festival, Jakarta.

Ancol

Masih dalam pemaparannya, Paul menjelaskan, untuk membuat pengunjung lebih nyaman, Ancol pun menyediakan lebih banyak transportasi internal dan sentral parking, agar menghindari kepadatan dan kemacetan kendaraan yang masuk-keluar. Dengan seperti ini, pengunjung akan bisa mendapatkan liburan yang lebih mengesankan di Ancol.

Baca juga: Demi Mengurus Anak, Kate Spade Sempat Rela Vakum Kerja 10 Tahun

Bagi masyarakat rantauan yang tidak mudik, bisa tetap merasa seperti berada di kampung halaman, karena di destinasi pesisir dalam kota ini, ada festival khusus Lebaran, yang menampilkan atraksi dan festival kuliner nusantara. Terkhusus bagi masyarakat asli Jakarta, atmosfer budaya Betawi akan semakin terasa, karena ada parade ondel-ondel di Pantai Lagoon dan kawasan Kampung Betawi di Pasar Seni Ancol.

“Pantai Lagoon akan ada nusantara festival, yang paling menarik ialah akan ada aquatic freestyle show, dan pagelaran musik di panggung floating stage, yang diramaikan oleh band-band tanah air,” tutur Sunarto, General Manager PT Taman Impian Jaya Ancol.

Baca juga: Gaya Aneh Rambut Pesepakbola Dunia, Nomor 2 Pernah Jadi Tren di Indonesia

Pasar Seni Ancol akan disulap menjadi kawasan Kampung Betawi. Dekorasi hingga konten sengaja dibuat bernuansa budaya Betawi, yang sekaligus sebagai bentuk perayaan dari ulangtahun Kota Jakarta. Sejarah, kuliner, dan kesenian hingga hasil karya khas suku Betawi asli Jakarta akan turut ditampilkan, sehingga generasi muda dan anak-anak bisa mengenal serta ikut melestarikan budaya Betawi.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini