Manfaatkan Momen Lebaran untuk Gaet Wisatawan, Kemenpar Luncurkan Pesona Mudik 2018

Utami Evi Riyani, Jurnalis · Jum'at 08 Juni 2018 20:15 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 06 08 406 1908442 manfaatkan-momen-lebaran-untuk-gaet-wisatawan-kemenpar-luncurkan-pesona-mudik-2018-iCOs62KCAj.jpg Wisatawan di Alun-Alun Kidul Yogyakarta (Foto: Utami/Okezone)

MOMEN Lebaran sudah di depan mata. Pergerakan wisatawan pun akan meningkat seiring tradisi mudik yang dilakukan menjelang Lebaran.

Lebaran kali ini diperkirakan akan mencapai 20 juta orang, sehingga dapat meningkatkan kembali wisatawan nusantara (wisnus) yang selama bulan Ramadan diperkirakan turun hingga 50 persen. Menteri Pariwisata Arief Yahya dalam acara buka puasa bersama Forum Wartawan Pariwisata (Forwapar) di Jakarta mengatakan momen mudik adalah waktu yang tepat dimanfaatkan untuk meningkatkan pergerakan wisnus.

Salah satu strategi yang digunakan tahun ini adalah program Pesona Mudik 2018. Menggandeng Generasi Pesona Wisata (Genpi) dan artis-artis yang memiliki usaha kuliner kue kekinian, Arief Yahya mengatakan para wisatawan dapat mengetahui kuliner apa saja yang menarik di daerah mudik dan destinasi yang patut dikunjungi.

 (Baca Juga:Taman Nasional Babul, Kerajaan Kupu-Kupu hingga Kerangka Manusia Berusia 4.000 Tahun)

"Di Pesona Mudik 2018 ada destinasi di 113 daerah mudik. Nanti dikurasi ada 10 destinasi top yang bisa dikunjungi, sehingga masyarakat tahu akan jalan-jalan ke mana," ujar Arief Yahya dalam acara Forwapar Ngabuburit Bareng Menpar di Ayana Mid Plaza, Jakarta Selatan, Rabu (6/6/2018).

Selain itu, Arief yakin dengan banyaknya oleh-oleh khas di daerah mudik, masyarakat akan lebih banyak memiliki pilihan untuk berbelanja kuliner. Karenanya, Kemenpar bekerja sama dengan para artis yang memiliki followers banyak di media sosial, seperti Prilly Latuconsina, Teuku Wisnu, dan Ricky Harun-Herfiza.

 (Baca Juga:Tips Penting Buat Kamu yang Akan Mudik)


"Yang menarik masyarakat kita tidak akan pulang tanpa oleh-oleh. Total ada 37 brand yang bekerja sama yang bisa dikunjungi masyarakat," tuturnya.

Selain strategi mudik, Kemenpar juga berupaya meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara dengan menawarkan paket-paket Hot Deals Ramadan bertema Visit Wonderful Indonesia.

"Kita wajib menjadikan low season jadi high season, Maka muncullah Hot Deal Ramadan. Karena low season adalah sebuah keniscayaan yang akan datang pada saatnya, seharusnya tiap low season kita otomatis mengadakan program menarik untuk wisman agar datang ke Indonesia," pungkasnya.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini