nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sempat Pensiun Bersepeda karena Obesitas, Atlet Ini Sukses Turunkan Berat Badan hingga 133 Kg

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Jum'at 08 Juni 2018 15:31 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 06 08 481 1908214 sempat-pensiun-bersepeda-karena-obesitas-atlet-ini-sukses-turunkan-berat-badan-hingga-133-kg-L7k7MXEXnG.jpg Shaun Carrington (Foto: Express)

SEORANG pembalap sepeda tentu harus memiliki tubuh yang proporsional agar dapat mengayuh kendaraanya dengan sangat cepat. Fisik yang kuat serta stamina yang tahan lama, menjadi modal awal para pembalap memenangkan perlombaan.

Sama halnya dengan pembalap sepeda bernama, Shaun Carrington. Pria malang ini harus berhenti menjadi seorang atlet balap sepeda karena ukuran tubuhnya yang kegemukan. Bobotnya naik menjadi 34 stone atau setara dengan 216 kilogram.

Selain balap sepeda, Shaun mengaku sangat hobi makan. Namun, ketika berat tubuhnya melar hingga 216 kilogram, ia harus menghentikan kegiatannya balap sepeda. Pasalnya, ukuran tubuhnya sudah terlampau besar untuk duduk di pelana.

Berat badan Shaun membengkak setelah bertahun-tahun menyantap cokelat, junkfood, minuman bersoda dan dia mangkuk sereal bergula setiap pagi.

Namun, setelah bergabung dengan Slimming World 2016, ia berhasil menyingkirkan berat badannya menjadi 21 stones atau setara 133 kg dengan diet tinggi lemak. Sejak berhasil mengubah bentuk tubuhnya, ia menobatkan keberhasilan itu sebagai peluang untuk terlahir dengan lebih baik lagi di 2018.

“Saya menyukai sepeda, tetapi akhirnya saya menjadi terlalu besar untuk duduk di pelana tersebut,” tegas Shaun, sebagaimana diberitakan Express, Jumat (8/6/2018).

Shaun Carrington

Shaun mengaku berat badannya telah mempengaruhi setiap aspek kehidupan. Ia tidak pernah pergi ke dokter selama bertahun-tahun karena takut dengan diagnosa yang akan disampaikan dokter.

“Saya pikir kondisi fisik ini sampai di tahap dimana saya tidak akan bisa bekerja lagi dengan postur tubuh saya yang besar. Bahkan hal-hal kecil saja, saya lakukan dengan penuh perjuangan. Saya tidak memiliki energi. Yang saya lakukan adalah diduk di toko sepanjang hari dan menonton televisi,” tambahnya.

Baca Juga: Ketimbang ke Dokter, Mulan Jameela Lebih Sering Perawatan Kulit Wajah dengan Masker Alami

Tak hanya ukuran tubuhnya yang menghambat aktivitasnya, Shaun juga selalu kesakitan dan berjuang melawan infeksi kulit, kesulitan bernapas dan komplikasi dengan punggung dan persendiannya.

Shaun Carrington

Ia akhirnya mengikuti nasihat ibunya dengan berganjng dengan Slimming World. Shaun menilai bergabung dengan komunitas tersebut, membawa hal yang sangat baik bagi kehidupannya.

“Meski ini mengerikan, tapi memetik keberanian untuk bergabung dengan Slimming World adalah keputusan terbaik yang pernah saya lakukan. Saya bukanlah satu-satunya orang gemuk di ruangan itu.

Baca Juga: Pramugari Bocorkan Kelakuan Penumpang yang Berhubungan Intim di Pesawat

Shaun dipaksa untuk menurunkan berat basannya dengan mengonsumsi daging panggang, sosis rendah lemak, tomat dan jamur. Untuk makan siang, ia hanya menyantap buah segar dan memakan risotto untuk makan malam. Alhasil badannya pun kembali menciut berkat diet dan pola makan yang ketat tersebut.

“Belakangan ini saya kembali ilut serta dalam bersepeda sejauh 20 mil untuk bersenang-senang. Hidup saya benar-benar berbeda saat ini. Saya memoliki begitu banyak energi untuk melakukan hal-hal yang saya nikmati.” tuntasnya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini