Kafein Bisa Bikin Tubuh Langsing, Ini Tata Cara Mengonsumsinya biar Efektif

Lidya Julita Sembiring, Jurnalis · Jum'at 08 Juni 2018 22:11 WIB
https: img.okezone.com content 2018 06 08 481 1908333 kafein-bisa-bikin-tubuh-langsing-ini-tata-cara-mengonsumsinya-biar-efektif-vB6mmDGtsJ.jpg Ilustasi (Foto: Fashiontrends)

SEMUA wanita pastinya ingin mempunyai berat badan ideal tanpa timbunan lemak yang berlebih di tubuhnya. Berbagai upaya dilakukan untuk mendapatkannya, mulai dari diet ketat hingga olahraga teratur.

Selain itu, menjaga makan dengan mengkonsumsi buah dan sayur-sayuran hijau juga langkah baik. Tapi bagi Anda yang suka minum kopi, ada kabar baik terutama dalam upaya penurunan berat badan.

Menurut sebuah penelitian, orang-orang yang minum kopi sebelum pergi bekerja lebih efisiensaat bekerja dengan tim. Kopi tidak hanya membuat Anda waspada, tetapi juga akan membantu dalam penurunan berat badan.

Kopi mengandung kafein, yang merupakan zat psikoaktif yang paling sering dikonsumsi. Tahukah Anda bahwa kafein juga digunakan dalam kebanyakan suplemen pembakar lemak atau obat langsing. Lalu mungkin Anda bertanya apakah minum kopi mempengaruhi penurunan berat badan? Untuk tahu lebih lanjut kita akan mulai membahasnya seperti yang dilansir dari Boldsky.

Baca juga: Wajah Polos Raisa di Masa Lalu, Beda Banget Tapi Menggemaskan!


Kopi Mengandung Stimulan

Biji kopi memiliki banyak zat aktif biologis, dan beberapa dari mereka dapat mempengaruhi metabolism tubuh. Zat-zat aktif biologis ini termasuk kafein, theobromine, asam klorogenik, dan teofilin. Kafein dikenal mampu memblokir neurotransmitter yang disebut adenosine dan meningkatkan neuron serta melepaskan neurotransmitter seperti dopamine dan norepinefrin. Ini akan membuat Anda bersemangat dan terjaga. Itulah alasan utama kopi membuat Anda tetap aktif.

Kopi dapat membantu memobilisasi lemak

Kafein merangsang sistem saraf yang memberi sinyal sel-sel untuk memecah lemak. Ia bekerja dengan meningkatkan kadar hormon epinefrin dalam darah. Epinefrin juga dikenal sebagai adrenalin yang berjalan melalui darah ke jaringan lemak, menandakan mereka bisa memecah lemak.

Kopi dapat meningkatkan metabolisme

Semakin tinggi tingkat metabolisme, semakin mudah untuk menurunkan berat badan dan semakin banyak Anda dapat makan tanpa menambah berat badan. Semakin banyak metabolisme meningkat, ini disebabkan oleh peningkatan pembakaran lemak. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kafein meningkatkan pembakaran lemak hingga 29% pada orang kurus dan 10% pada orang gemuk.

 

Kafein bekerja dengan teh hijau

Teh hijau memiliki kandungan yang bagus untuk menurunkan berat badan. Ketika the hijau dikombinasikan dengan kafein, ia bekerja dengan baik dalam menurunkan berat badan. Kombinasi ini membantu Anda meningkatkan kadar norepinefrin yang menstimulasi pemecahan lemak yang tersimpan.

Baca juga: Sosok Jaya Ibrahim, Desainer Hotel Tempat Kim Jong Un dan Donald Trum Bertemu

Berapa banyak kopi yang harus kamu per hari?

Untuk orang dewasa yang sehat, konsumsi kafein hingga 400 miligram per hari akan aman. Tapi anak-anak tidak boleh mengonsumsi kopi dan remaja harus membatasi konsumsi kafein mereka. Jadi bagi Anda yang bukan anak dan remaja dan ingin menurunkan berat badan, konsumsilah kafein sebagai salah satu minuman yang bisa membantu Anda untuk mendapatkan bentuk badan ideal.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini