7 Tanda Penyakit Gagal Jantung, Coba Dicek Deh Jangan-Jangan Anda Kena

Dewi Kania, Jurnalis · Sabtu 09 Juni 2018 05:31 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 06 08 481 1908483 7-tanda-penyakit-gagal-jantung-coba-dicek-deh-jangan-jangan-anda-kena-PymA89Z3b5.jpg Ilustrasi Penyakit Jantung. (Foto: Shutterstock)

JANTUNG adalah organ vital yang mendukung hidup seseorang. Oleh karena itu, jika tidak dijaga dengan baik maka bisa sebabkan penyakit seperti gagal jantung.

Karenanya, sejak dini Anda harus mencegah risiko komplikasi penyakit jantung dalam jangka panjang. Sebab, saat ini banyak sekali pemicu gagal jantung, terutama karena pengaruh gaya hidup.

Baik pria maupun wanita, bisa terkena dampak dari gagal jantung. Maka Anda harus mengingat tanda-tandanya yang harus diwaspadai, dilansir Timesofindia.

Baca Juga: Wajah Polos Raisa di Masa Lalu, Beda Banget Tapi Menggemaskan!

1. Pergelangan kaki bengkak

Saat jantung tidak memompa dengan baik, bisa menyebabkan kaki, pergelangan kaki, dan kaki bengkak. Cairan dari pembuluh darah menetes ke jaringan sekitarnya. Itu karena pengaruh gravitasi, yang sebabkan kaki bengkak. Ini salah satu tanda serius yang sebabkan gagal jantung lho.

 

2. Nyeri di lengan

Gejala umum lain dari penyakit jantung adalah Anda harus memperhatikan jika ada rasa nyeri di bagian lengan. Rasa sakit ini terjadi karena perjalanan jantung ke sumsum tulang belakang, yang mana saraf lain juga terhubung. Dalam hal ini, otak menjadi bingung dan sering merasakan nyeri di bagian organ tubuh.

 

3. Batuk terus-menerus

Batuk juga merupakan tanda penyakit kardiovaskular. Apalagi batuk yang mengandung darah jadi tanda jika Anda kena gagal jantung. Karena itu penting sekali Anda segera konsultasi ke dokter saat mengalami hal ini.

Baca Juga: Gaya Aneh Rambut Pesepakbola Dunia, Nomor 2 Pernah Jadi Tren di Indonesia

4. Rasa cemas tak biasa

Orang-orang yang mengalami tingkat kecemasan ekstrem rentan menderita penyakit jantung. Ada berbagai faktor yang dapat menyebabkan stres dan kecemasan seperti gaya hidup yang membuat Anda sering panik dan kecemasan. Dampaknya tekanan darah bertambah tinggi dan sebabkan gangguan jantung.

 

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini