Share

Bisa Jadi Inspirasi, Ini 5 Ucapan Selamat Lebaran dari Berbagai Daerah Indonesia

Dewi Kania, Jurnalis · Minggu 10 Juni 2018 10:01 WIB
https: img.okezone.com content 2018 06 09 196 1908598 bisa-jadi-inspirasi-ini-5-ucapan-selamat-lebaran-dari-berbagai-daerah-indonesia-NeSU6XuMss.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

SELURUH Umat Muslim seantero dunia sebentar lagi akan merayakan Lebaran. Banyak hal yang telah dipersiapkan, termasuk memberi ucapan kepada sesama Muslim.

"Selamat Hari Raya Idul Fitri 1439 Hijriah, mohon maaf lahir dan batin." Itulah kalimat yang sering diucapkan sesama umat Muslim dalam bahasa universal.

Meski tampaknya sederhana, kalimat tersebut sangat berarti bagi umat Muslim. Biasanya, Anda mengucapkan kalimat tersebut untuk keluarga dekat, kolega, teman dekat, atau tetangga yang sudah dikenal.

Namun selain ucapan Hari Raya dalam bahasa universal, ada sederet kalimat ucapan lainnya yang biasa dilontarkan dengan bahasa daerah atau bahasa asing. Seperti apakah?

Baca Juga: Gaya Aneh Rambut Pesepakbola Dunia, Nomor 2 Pernah Jadi Tren di Indonesia

(Foto: Shutterstock)

1. "Meuah Uroe Raya. Meuah Lahe Baten"

Ucapan tersebut biasa diungkapkan oleh masyarakat Aceh. Artinya ialah Selamat Hari Raya. Mohon Maaf Lahir dan Batin. Tapi ucapan ini tren saat dulu, karena sekarang orang umum mengucapkan dalam bahasa Indonesia yang lebih universal.

2. "Sugeng Riyadi. Ngaturaken Sedaya Kelepatan"

Masyarakat yang tinggal di Jawa Timur dan Jawa Tengah pasti tak asing dengan ucapan kalimat tersebut. Artinya yaitu Selamat Hari Raya. Maafkan Segala Kesalahan Saya. Biasanya ucapan ini dikirim lewat pesan singkat atau diucapkan ketika bertemu dengan keluarga usai salat Idul Fitri.

3. “Wilujeng Sasih Siam. Hapunten Samudaya Kalepatan Nu"

Anda juga bisa mengucapkan perayaan Lebaran kepada orang Sunda dengan kalimat di atas. Artinya sama yakni Selamat Hari Lebaran, Mohon Maaf Segala Kesalahan. Sayang, belakangan ini kalimat ini jarang lagi didengar, karena orang memilih mengucapkan dengan Bahasa Inggris atau Bahasa Indonesia yang sudah dikenal orang awam.

Baca Juga: Wajah Polos Raisa di Masa Lalu, Beda Banget Tapi Menggemaskan!

(Foto: Shutterstock)

4. "Salamaki Malleppe’ Fitrah 1439 Hijriah"

Itu juga salah satu kalimat ucapan Lebaran yang pantas dipakai untuk sanak saudara di kampung. Bila tidak sempat mudik ke Tanah Bugis, bisa menggunakan kalimat pamungkas itu. Meski singkat, kalimat tersebut sangat berarti dan penuh makna, dengan arti Selamat Idul Fitri 1439 Hijriah.

5. "Salamat Bahari raya Idul Fitri 1439 Hijriah"

Dalam Bahasa Banjar, orang biasa mengucapkan kalimat tersebut saat bersalaman dengan orang di lingkungan sekitar saat bertemu di momen Lebaran. Pastinya sesama orang Suku Banjar, Anda akan mendapat balasan yang sama. Kalimat ini maknanya juga tak jauh berbeda, hanya saja lebih jarang dikenal orang awam yang bukan berasal dari Kalimantan Selatan.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini