nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tubuh Tetap Segar, Hindari 4 Jenis Makanan Ini biar Tak Cepat Ngantuk

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Sabtu 09 Juni 2018 09:00 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 06 09 298 1908524 tubuh-tetap-segar-hindari-4-jenis-makanan-ini-biar-tak-cepat-ngantuk-ns9vbimo24.jpg Ilustrasi (Foto: Mashed)

ANDA merasa cepat kantuk dan lelah? Mungkin itu akibat makanan yang Anda konsumsi pada saat sarapan atau makan siang. Sejumlah makanan memang mengandung nutrisi yang dapat memicu rasa kantuk dan membuat tubuh terasa lelah.

Nah, bagi Anda yang bekerja kantoran, hal ini tentu dapat mengganggu aktivitas, apalagi jika sedang dikejar deadline. Untuk menghindari hal tersebut, berikut Okezone rangkumkan 4 jenis makanan yang harus dihindari agar tubuh terhindar dari rasa lelah dan kantuk, sebagaimana dilansir dari Mashed, Sabtu (9/6/2018).

Roti

Perlu diketahui bahwa karbohidrat yang terkandung dalam roti akan melepaskan gula ke dalam aliran darah. Hal ini akan memicu pelepasan insulin yang kemudian dapat meningkatkan kadar serotonin. Kandungan zat serotonin inilah yang nantinya akan menimbulkan rasa kantuk dan membuat badan terasa lebih lelah dari biasanya.

Roti

Kacang almond

Kacang almond merupakan camilan sebelum tidur yang sempurna. Makanan ini mengandung berbagai macam nutrisi bermanfaat seperti tryptophan yang dapat membantu Anda mendapatkan istirahat berkualitas. Selain itu, kacang almond juga mengandung magnesium dan kalsium yang akan membuat tidur Anda menjadi lebih nyenyak. Oleh karena itu, hindari konsumsi makanan ini jika Anda hendak melakukan aktivitas yang padat.

Almond

Pasta

Makanan khas Italia ini juga dianggap sebagai salah satu jenis makanan yang dapat menimbulkan rasa lelah ketika seseorang menyantapnya. Perpaduan karbohidrat, insulin, triptofan, dan serotonin yang terdapat olahan pasta menjadi salah satu faktor utama Anda akan merasa mengantuk dan lelah. Pasta juga tidak dianjurkan di santap sebagai menu makan siang bagi Anda yang ingin tetap terjaga selama beraktivitas.

Pasta

Ceri

Menurut hasil penelitian yang dikeluarkan oleh Cherry Marketing Instittue, buah ceri sangat berguna untuk memaksimalkan tidur Anda. Tart ceri khususnya, merupakan sumber alami melatonin yang sangat langka. Ini merupakan bahan kimia penting yang diproduksi otak kita untuk membantu mendapatkan tidur berkualitas. Sangat dianjurkan bagi Anda yang kesulitan tidur untuk mengonsumsi buah bercitarasa manis ini.

CERI

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini