nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ini Tempat Makan Enak di Sepanjang Jalur Pantura, Pemudik Jangan Lupa Mampir Ya!

Pradita Ananda, Jurnalis · Sabtu 09 Juni 2018 14:00 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 06 09 298 1908612 ini-tempat-makan-enak-di-sepanjang-jalur-pantura-pemudik-jangan-lupa-mampir-ya-Sfx5LdhivO.jpeg Nasi Grombyang (Foto: Jowonews)

PERJALANAN mudik jadi salah satu tradisi khas masyarakat Indonesia dalam merayakan Lebaran. Namun tidak bisa disangkal, perjalanan mudik memang sejatinya melelahkan dan menyita energi. Di saat lelah dalam perjalanan, tidak baik untuk tetap melanjutkan perjalanan.

Daripada nekat, lebih baik beristirahat sambil mengisi perut di restoran-restoran yang ada di sepanjang jalur Pantura yang mana menjadi jalur wajibnya para pemudik yang menggunakan jalur darat.

Apa saja restoran sepanjang jalur Pantura yakni Cirebon, Brebes, Tegal, Pemalang dan Pekalongan yang terkenal dan direkomendasikan untuk disambangi saat mudik? Menghimpun dari berbagai sumber, berikut 5 tempat makan di jalur pantura yang bisa disinggahi nanti.

Cirebon 

Melewati Cirebon, rasanya sayang jika tidak bersantap di rumah makan sego jamblang Mang Dul. Sego jamblang Mang Dul ini buka sejak subuh loh! Namun hati-hati, saking ramainya disebutkan biasanya menjelang makan siang malah sudah habis. Menu nasi jamblang yang ditawarkan ialah nasi dalam porsi kecil berbungkus daun jati alias daun jamblang, dan kemudian dimakan bersama dengan aneka lauk yang bisa dipilih. Mulai dari sambal goreng, sate kentang, semur tahu kulit, ikan asin jambal roti, dadar telur kampung, perkedel dan masih banyak lagi tepat di seberang Grage Mall.

 Baca Juga: Wajah Polos Raisa di Masa Lalu, Beda Banget Tapi Menggemaskan!

Tegal

Tegal hadir sebagai kota yang punya banyak rumah makan yang menyajikan sate kambing muda. Salah satu yang terkenal adalah warung makan sate kambing bernama Sari Mendo. Selain sate kambing, di sini juga disediakan menu lain serba kambing, mulai dari gulai hingga sop kambing. Untuk yang ingin bersantap di sini, restoran Sari Mundo ada di Jalan Teuku Umar Debong, Tirus, Tegal dan buka hingga pukul satu dini hari.

Pemalang


Salah satu kuliner khas yang tidak boleh dilewatkan jika melintasi Pemalang adalah nasi Grombyang, yaituu nasi yang disiram kuah hitam pekat dan dimakan bersama dengan potongan-potongan daging, kemudian ditaburi bawang goreng dan beberapa sendok kuah pekat berbahan dasar kelapa parut sangrai, dan disajikan dalam mangkuk berukuran kecil seperti wadah untuk soto kudus. Salah satu nasi grombyang yang terkenal di Pemalang, ialah soto grombyang milik H. Warso yang ada di jalan RE Martadinata, Pemalang.

Brebes 


Mendengar Brebes, pasti ingat dengan telur asin. Yup! Melewati Brebes ketika dalam perjalanan mudik, jangan lupa untuk mampir Alun-Alun Brebes yang menuju arah ke Tegal. Di sepanjang alun-alun Brebes inilah, banyak pedagang yang menjajakan telur asin yang pengolahannya bermacam-macam. Ada yang diasap ada pula yang direbus, atau bisa juga membeli yang mentah jika ingin dimasak di rumah.

Pekalongan 


Di kota Batik ini disebutkan salah satu kuliner andalannya adalah soto tauto, yaitu sajian soto yang dihidangkan dengan bumbu tauco berwarna coklat pekat. Nah, untuk tempat makan soto tauto, soto tauto H. Rochmani yang berada di pasar Sayun, Pekalongan lah yang banyak diminati oleh orang-orang. Pasalnya, meskipun daging yang dipakai dalam soto tauto ini adalah daging kerbau, soto tauto yang disajikan di rumah makan ini tidak berbau amis, dan punya tekstur yang empuk.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini