Mana yang Paling Tepat, Makan Sebelum Salat Ied atau Setelahnya? Ini Tuntunan Rasulullah SAW

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Minggu 10 Juni 2018 19:00 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 06 09 298 1908651 mana-yang-paling-tepat-makan-sebelum-salat-ied-atau-setelahnya-ini-tuntunan-rasulullah-saw-W4UKjjTGQv.jpg Ilustrasi (Foto: Kokiku)

JIKA Anda sedang memperdebatkan mana yang paling tepat antara makan pagi sebelum salat Ied atau sepulangnya ke rumah setelah salat Ied?

Beberapa dari Anda mungkin akan menjawab sebelum sudah boleh. Sebab, di hari raya itu, Anda sudah tidak lagi menjalankan ibadah puasa Ramadhan. Jadi, sudah tidak ada lagi puasa di pagi hari sebelum salat Ied.

Namun, beberapa pendapat juga menjelaskan bahwa makan pagi di Hari Raya ada baiknya dilakukan setelah selesai menjalankan Salat Ied.

Supaya tidak terjadi simpang siur, berikut paparan tuntunan Rasulullah SAW menyikapi perdebatan ini

Dari Anas Radliallahu anhu, dia berkata:

"Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam tidak pergi (ke tanah lapang) pada hari Idul Fitri hingga beliau makan beberapa butir kurma." (HR. Bukhari 953, Tirmidzi 543, Ibnu Majah 1754, dan Ahmad 3/125, 164, dan 232).

Maksud dari pernyataan Rasulullah di atas ialah Rasulullah menganjurkan kita makan sebelum salat Idul Fitri. Hal ini dilakukan supaya kita sadar bahwa di Hari Raya itu memang sudah tidak diwajibkan lagi melangsungkan ibadah puasa.

Menu Buka

Anda mesti sadar bahwa di hari Idul Fitri, haram hukumnya jika Anda melaksanakan puasa. Sehingga, dianjurkan untuk makan supaya dapat membedakan dengan kebiasaan berpuasa yang sebelumnya telah dilakukan selama kurang lebih sebulan penuh.

Mengenai pernyataan Idul Fitri haram hukumnya untuk berpuasa, Anda bisa memperhatikan Surah Al Mughni, 2:228, yang berbunyi:

"Idul Fitri adalah hari diharamkannya berpuasa setelah sebulan penuh diwajibkan. Sehingga, dianjurkan untuk bersegera berbuka agar semangat melakukan ketaan kepada Allah Ta'ala dan perintah makan pada Idul Fitri (sebelum salat Ied) adalah untuk membedakan kebiasaan berpuasa sebelumnya. Sedangkan, untuk hari raya Idul Adha berbeda. Karena pada Hari Raya Idul Adha disyari'atkan memakan dari hasil qurban, maka kita dianjurkan tidak makan sebelum salat Ied Adha dan setelah salat baru menyantap hasil sembelihan tersebut."

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini