nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kekurangan Vitamin K, Hal Mengerikan Ini Bakal Mengintai Anda!

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Sabtu 09 Juni 2018 17:34 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 06 09 481 1908667 kekurangan-vitamin-k-hal-mengerikan-ini-bakal-mengintai-anda-6elfTLT1mU.jpg Ilustrasi (Foto: Ist)

SUPLEMEN memang sangat lekat dengan kehidupan manusia. Selama bertahun-tahun masyarakat telah mengonsumsinya dalam upaya meningkatkan kesehatan dan kebugaran tubuh.

Meski demikian, sebagian orang lainnya berpendapat bahwa tidak perlu mengonsumsi suplemen. Pasanya mereka akan mampu mendapatkan semua vitamin dan mineral dari makanan yang mereka konsumsi setiap harinya.

Para ahli menegaskan selain makanan yang seimbang, masyarakat juga wajib mengonsumsi suplemen untuk mendukung kebutuhan nutrisi tubuhnya. Beberapa suplemen yang bisa dikonsumsi adalah vitamin D, vitamin B12, magnesium, potasium dan minyak ikan omega-3.

 Baca Juga: Wajah Polos Raisa di Masa Lalu, Beda Banget Tapi Menggemaskan!

Dari sekian unsur yang diperlukan oleh tubuh, Ahli Gizi, Dr. Josh Axe, merekomendasikan akan pentingnya vitamin K. Vitamin ini sangat penting untuk membangun dan mempertahankan tulang yang kuat, mempercepat pembekuan darah dan mencegah penyakit jantung.

Dampak dari kekurangan vitamin K juga cukup vital. Darah akan kehilangan fungsi pembekuan, memperlambat penyembuhan luka, gangguan saluran empedu, gangguan dan penyakit hati seperti sirosis, hingga terjadi pendarahan hebat jika ada luka besar akibat tindakan medis, kecelakaan dan lain sebagainya,

“Kekurangan vitamin K lebih sering terjadi pada pria yang tidak secara teratur mengonsumsi sayuran dan susu. Mereka yang telah mengonsumsi antibiotik atau obat-obatan dalam jangka waktu yang panjang dan pria yang menderita masalah usus seperti IBS atau penyakit radang usus yang mengganggu penyerapan,” tegas Dr. josh, sebagaimana dilansir dari Express, Sabtu (9/6/2018).

 

Vitamin K1 banyak ditemukan pada sayuran hijau, sedangkan vitamin K2 ditemukan dalam produk susu.

"Cara terbaik untuk mencegah kekurangan vitamin K adalah makan banyak sayuran yang berbeda, termasuk sayuran berdaun hijau, brokoli, sawi dan kubis. Selain itu beberapa ikan yang ditangkap secara liar dan telur ayam kampung juga bisa memberikan vitamin K,” tambahnya.

Lantas berapa banyak vitamin K yang dibutuhkan oleh tubuh? NHS menyarankan bahwa orang dewasa membutuhkan sekira 1mcg vitamin K per harinya untuk setiap kilogram berat badan mereka.

Misalnya, seseorang yang beratnya 65kg akan membutuhkan 65mcg vitamin K per harinya. Sementara orang yang beratnya 75kg akan membutuhkan 75mcg sehari.

Sebuah Badan kesehatan menambahkan “Anda harus bisa mendapatkan semua vitamin K yang Dibutuhkan dengan makan makanan yang bervariasi dan seimbang. Vitamin apa pun yang tidak dibutuhkan tubuh Anda segera disimpan pada hati untuk penggunaan di masa mendatang. Jadi Anda tidak membutuhkannya dalam makanan Anda setiap hari.”

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini