nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Berbenah Sebelum Lebaran Yuk, Pakai 6 Bahan Alami Ini untuk Bersihkan Kompor

Dewi Kania, Jurnalis · Minggu 10 Juni 2018 18:32 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 06 10 196 1908938 berbenah-sebelum-lebaran-yuk-pakai-6-bahan-alami-ini-untuk-bersihkan-kompor-KBzDxbpo4o.jpg Ilustrasi Dapur. (Foto: Pineland)

MENJELANG Lebaran, biasanya kaum ibu mulai melakukan bersih-bersih rumah, termasuk dapur dan kompor. Benda ini rentan kotor dan berminyak yang akibat menumpuknya lemak.

Anda bisa menggunakan bahan alami nan aman untuk membersihkan kompor. Meski ada noda membandel dan sisaan minyak menempel di permukaan kompor tetap mudah diatasi.

Mumpung mulai libur, ayo nyicil untuk membersihkan ruang dapur, termasuk perabotan kompor. Simak cara dan bahan yang dibutuhkan sebagai berikut, dilansir Boldsky, Minggu (10/6/2018).

Baca Juga: Fakta Open House yang Mulai Menjadi Tradisi Lebaran di Indonesia

(Foto: Shopclues)

1. Baking soda dan hidrogen peroksida

Metode ini cepat membersihkan bagian kompor yang penuh noda dan sisaan minyak. Caranya, tuang baking soda dan bahan tambahannya cairan hidrogen peroksida. Gosok pelan-pelan hingga nodanya hilang. Lalu lap dengan kain kering dengan cara yang lembut.

2. Air mendidih

Jika Anda menggunakan metode ini tidak memerlukan penggunaan khusus bahan kimia. Gunakan air mendidih untuk menggosok bagian kompor bernoda. Usap perlahan-lahan bagian yang kotor sampai nodanya hilang. Agar lebih bersih maksimal, gunakan spons dan busa lembut. Jangan gunakan bahan kimia lainnya jika Anda punya bakat alergi.

3. Sabun cuci piring

Anda harus membersihkan kompor dengan sabun pencuci piring. Bersihkan semua bagian kompor, hingga ke sela-selanya. Gosok perlahan-lahan apalagi di sisi bagian yang berminyak. Setelah itu, bills dengan air bersih dan pastikan kompor kembali bersih.

Baca Juga: Bisa Jadi Inspirasi, Ini 5 Ucapan Selamat Lebaran dari Berbagai Daerah Indonesia

4. Pisau cukur

Pisau cukur juga dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan kerak membandel di bagian kompor. Gunakan benda ini untuk menghilangkan noda hitam dan mengering. Setelah itu, lap dengan kain lembut sampai bersih. Pastikan jangan tinggalkan goresan yang membuat kompor tidak lagi bagus.

5. Garam dan baking soda

Anda harus menyiapkan pasta garam dan baking soda yang dicampur dengan sedikit air. Hilangkan noda kerak yang membandel. Gosok pelan-pelan dengan pasta garam dan baking soda. Cara ini sangat praktis dan butuh waktu singkat untuk mengerjakannya.

6. Cuka

Air asam atau cuka dapat pula digunakan untuk membersihkan kompor. Cukup tuang sedikit air cuka ke bagian kompor yang kotor. Lalu, gosok dengan lap kering. Kalau sudah coba cek apakah sudah bersih atau belum. Setelah itu, lihat hasilnya dan kompor jadi bebas paparan bakteri berbahaya, karena sudah bersih.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini