nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Memilih Biro Perjalanan Umrah Melalui Digital, Amankah?

Pradita Ananda, Jurnalis · Minggu 10 Juni 2018 06:22 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 06 10 406 1908776 memilih-biro-perjalanan-umrah-melalui-digital-amankah-AYxXScH9Yv.jpg Ilustrasi. (Foto: ANT)

BISA pergi menunaikan ibadah haji dan umrah, adalah salah satu cita-cita dari semua umat Muslim di dunia. Biasanya sebelum melaksanakan haji, yang mana merupakan ibadah wajib bagi yang mampu. Banyak orang yang memilih untuk terlebih dahulu melaksanakan ibadah sunnah, yakni umrah.

Sayangnya, kini untuk bisa pergi beribadah umrah jadi semakin sulit, yang benar-benar valid tanpa masalah.Siapa sih yang tidak kaget dengan kasus penipuan ribuan calon jamaah yang dilakukan oleh biro perjalanan umrah milik desainer Annisa Hasibuan dan Abu Tour yang bisa dibilang menggemparkan seluruh negeri.

Sehingga kini bisa dibilang, masyarakat Indonesia sedang mengalami apa yang dinamakan krisis kepercayaan terhadap para biro perjalanan umrah karena khawatir menjadi korban penipuan.

Baca Juga: Wajah Polos Raisa di Masa Lalu, Beda Banget Tapi Menggemaskan!

Secara konvensional, orang-orang memang memilih paket perjalanan umrah itu berdasarkan referensi dari mulut ke mulut dan juga brosur ataupun iklan. Padahal kini, di era digital yang serba tinggal menyentuh layar dan klik ini banyak sekali pilihan yang tidak terlihat berkaitan dengan perjalanan umrah ini.

Sekarang, sudah ada layanan mobile aplikasi yang bisa membantu untuk melakukan pencarian data, perbandingan harga sehingga bisa membantu calon jamaah untuk melakukan penyaringan alias filter terkait hal-hal yang menyangkut perjalana umrah. Mulai dari akomodasi jenis pesawat, jenis kamar, hotel, lokasi dan harga, hingga layanan makanan.

Alih-alih dengan cara tradisional mendatangi satu-persatu biro perjalanan umrah, apa tips untuk bisa mendapatkan biro perjalanan umrah yang tepat dan sesuai dengan keinginan? Terutama untuk orang-orang yang baru pertama kali alias first timer melakukan perjalanan umrah. Menjawab pertanyaan ini, Okezone pun bertanya langsung kepada Irto Rachman, selaku CEO GoUmrah Trip.

"Untuk orang yang baru pertama kali mau umrah ini pertama tentukan dulu soal bisa berangkatnya kapan, punya budget nya berapa, mau pembimbing umrahnya siapa, preference akomodasinya mau yang seperti apa misal naik arline Indonesia atau arline asing," ungkap Irto saat ditemui Okezone.

Baca Juga: Gaya Aneh Rambut Pesepakbola Dunia, Nomor 2 Pernah Jadi Tren di Indonesia

"Nah poin-poin ini sih yang bisa dijadikan kunci utama untuk cari biro perjalanan umrah yang cocok," tambah dia.

Lebih lanjut Irto menyarankan, para calon jamaah terutama yang baru pertama kali hendak umrah. Dalam mencari biro perjalanan umrah melalui sistem digital ini, pada dasarnya faktor soal hotel untuk menginap tidak perlu terlalu dipusingkan.

"Nah kalau poin di atas sudah tahu semua, dari situlah baru bisa mulai kita saring alias filtering sekiranya mana saja travel agent yang dihendaki seperti apa," tandas Irto.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini