nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mudik Lewat Purwakarta? Rugi Kalau Gak Mampir Situ Wanayasa Sambil Cicipi Sate Maranggi

Mulyana, Jurnalis · Minggu 10 Juni 2018 03:22 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 06 10 406 1908788 mudik-lewat-purwakarta-rugi-kalau-gak-mampir-situ-wanayasa-sambil-cicipi-sate-maranggi-GuaR52dHAU.jpg Situ Wanayasa (Foto: Ist)

PURWAKARTA - Jalan arteri maupun nasional yang terbentang di Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, sampai saat ini masih menjadi favorit para pemudik.

Yaitu jalur Cikopo-Pantura via Simpang Jomin. Kemudian, Jalur Cikopo-Sadang via Bungursari. Lalu, jalur Sadang-Subang via Cibatu (Jalur Tengah) serta jalur Selatan, yakni mulai Sadang-Purwakarta-Wanayasa-Sagalaherang (Jalan Cagak) untuk kemudian menuju Cikamurang.

Bagi pemudik yang mau menggunakan jalur Selatan (Purwakarta-Subang) via Wanayasa, mungkin tak ada salahnya singgah sejenak di Situ Wanayasa. Ya, untuk sekedar merefresh otak dari kepenatan selama perjalanan.

Saat mudik, antrean panjang kedaraan, jauhnya jarak tempuh hingga cuaca panas mungkin menjadiā€ˇ hal lumrah bagi pemudik. Meski demikian, terkadang ada banyak hikmah yang didapat pemudik dari beragam kondisi melelahkan tersebut.

(Baca Juga: 6 Mahluk Mistis Ini Pernah Hidup di Bumi, Apa Saja?)

Keindahan Situ Wanayasa, mungkin bisa menjadi obat kepenatan ini. Situ Wanayasa sendiri, terletak di dataran tinggi kabupaten yang terkenal dengan kuliner sate marangginya itu. Kawasan tersebut, merupakan lokasi konservasi serta kawasan hijau.

Yang menarik di lokasi ini, yakni keberadaan sebuah pulau kecil atau biasa disebut oleh masyarakat sekitar dengan nama Pasir Santri. Keberadaan pulau yang letaknya persis di tengah-tengah telaga itu, mempunyai daya tarik tersendiri karena keasriannya.

Tak heran, selama ini lokasi tersebut kerap menjadi tujuan wisata para pelancong dari dalam maupun luar kota. Kedatangan para wisatawan ini, hanya sekedar ingin menikmati suasana pulau yang sejuk. Apalagi, di lokasi ini dipenuhi pohon-pohon sejenis pinus yang menjulang tinggi.

Situ Wanayasa, terletak 24 km sebelah tenggara perkotaan Purwakarta. Keberadaannya, terletak di kaki Gunung Burangrang, dengan luas sekira 7 hektare yang berada pada ketinggian 600 mdpl, sehingga udara di sekitar situ ini sangat sejuk dengan semilir angin pegunungan.

Di hari-hari biasa pun Situ Wanayasa menjadi tempat favorit persinggahan. Di hari libur, akan terlihat banyak kendaraan terparkir di sepanjang jalur ini. Mereka, sengaja turun beberapa menit untuk sebatas menikmati panorama alam yang begitu indah tanpa sepeser pun dipungut biaya.

Tak hanya itu, para pemudik yang menggunakan jalur alternatif ini pun bakal disuguhi kenyamanan lain. Mengingat, panorama alam di sepanjang jalan penghubung dua kabupaten ini cukup indah. Pohon-pohon besar yang menjulang tinggi menghiasi pinggiran jalan, membuat kenyamanan tersendiri bagi pemudik.

(Baca Juga: 8 Kenyataan Hidup yang Wajib Kalian Ketahui Sebelum Memutuskan Menikah)


Tidak sulit menemukan Situ Wanayasa, karena lokasinya tepat disamping kiri jalur yang akan dilalui pemudik. Yakni, berada persis di sisi jalan provinsi penghubung Purwakarta-Subang itu.

Situ Wanayasa sendiri terus mengalami penataan oleh pemerintah setempat. Sehingga, para pemudik tak akan 'nyesel' kalau singgah sejenak di lokasi ini. Bagi mereka yang kemalaman, mungkin bisa menyicipi kuliner khas di wilayah itu. Yakni, Sate Maranggi.

1 / 2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini