Sepatu Nyaman Malah Buat Kaki Tak Sehat, Kok Bisa?

Annisa Aprilia, Jurnalis · Minggu 10 Juni 2018 12:09 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 06 10 481 1908860 sepatu-nyaman-malah-buat-kaki-tak-sehat-kok-bisa-OW54ieoVBx.jpg Ilustrasi Sepatu Wanita. (Foto: Painfocus)

SEPATU biasa dikenakan dalam berbagai acara baik formal maupun non-formal. Alas kaki ini juga diperlukan untuk melengkapi penampilan ketika berpakaian ataupun digunakan untuk berolahraga.

Namun, sebuah penelitian terbaru menemukan bahwa peredam kejut dan bantalan di antara sepatu, dapat membuat kaki kita lebih lemah dan lebih rentan terhadap cedera.

Sebagaimana yang diwartakan laman Independent, Minggu (10/6/2018), Daniel Lieberman, ketua Departemen Human Evolutionary Biology di Harvard University dan tim peneliti, mempelajari efek berlari menggunakan sepatu kets atau yang kini sering disebut sneakers dan tanpa alas kaki. Mereka pun menyimpulkan bahwa "melindungi" kaki dengan sepatu bisa berbahaya dalam jangka panjang.

Baca Juga: Terlalu Pelit Kita jika Hanya Keluarkan Zakat 2,5 Persen

Alasannya sederhana, Lieberman mengatakan ketika kita berjalan dengan sepatu, maka kaki akan menekan pengganti yang kaku dari tanah dan membuat otot-otot di kaki harus bekerja lebih sedikit jika dibandingkan dengan ketika Anda berjalan dengan bertelanjang kaki.

Dengan otot kaki yang tidak diperlakukan dengan benar berkat sol yang nyaman, risiko cedera, dan masalah kaki seperti kaki datar akan meningkat. Lantas, sepatu apakah yang baik untuk dikenakan ketika berkegiatan?

Jawabannya tetap sepatu kets atau sneakers, yang masih jadi pilihan lebih baik daripada sepatu hak tinggi, yang jelas mampu menimbulkan banyak masalah kesehatan. Selain tidak nyaman, mengenakan sepatu hak tinggi, sepatu tersebut dapat benar-benar mengubah struktur otot di betis Anda, serta menyebabkan masalah sendi dan nyeri otot.

Risiko ini akan bertambah seiring bertambahnya usia, artinya kaki Anda tidak akan terbiasa dengan tumit seiring waktu. Selain sepatu hak tinggi, masih ada jenis sepatu lainnya yang juga berbahaya bagi kesehatan Anda, yaitu sepatu kesempitan.

Sepatu yang terlalu sempit dapat merusak kesehatan kaki Anda, berpotensi menyebabkan kelainan bentuk kaki, menurut penelitian yang dilakukan oleh podiatrist Hylton Mez.

Baca Juga: Septik Tank di Rumah Tak Disedot? Waspada Resikonya, Mulai Diare hingga Stunting

Jadi apa yang harus kamu kenakan di kakimu?

Peneliti membagi alas kaki yang “sehat”, karena jawabannya dapat berbeda-beda berdasarkan orang tersebut, dan berdasarkan faktor seperti usia, kesehatan, dan berat badan. Sebagian besar menyimpulkan, bagaimanapun, bertelanjang kaki tetap menjadi pilihan yang terbaik, meskipun tidak bisa sungguh-sungguh dipraktikkan dengan realistis.

Tapi, pilihan yang hampir sempurna ini adalah mengenakan sepatu sejarang mungkin, atau setidaknya pilihlah sepatu yang sangat cocok dengan ukuran kaki dan senyaman ketika sedang bertelanjang kaki.

Tetapi untuk memastikan sepatu Anda tidak menempatkan Anda pada risiko cedera, bahkan jika jarang mengenakan sepatu, Lieberman menyarankan untuk sering mengganti sepatu, memakai sepatu Anda secara teratur akan melatih semua otot dan berfungsi untuk menghindari cedera.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini