nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Meskipun Mudik, Jangan Sampai Miss V Anda Bau Lho

Dewi Kania, Jurnalis · Senin 11 Juni 2018 02:25 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 06 10 481 1908943 meskipun-mudik-jangan-sampai-miss-v-anda-bau-lho-Juw7XJMEsD.jpg Miss V. (Foto: Ladycarehealth)

KALA mudik kita memang kesulitan untuk mandi dan membesihkan diri, namun bukan berarti Anda tidak bisa memelihara kesehatan Miss V selama perjalanan mudik dari ancaman infeksi. Anda bisa kok membersihkan miss V tanpa harus repot dengan berbagai peralatan.

Sebab Miss V salah satu organ vital yang tidak boleh diperlakukan sembarangan. Apalagi selama perjalanan mudik, mungkin Anda sering membuat Anda menahan kencing atau menutupi Miss V dengan celana ketat, dan sebagainya.

Agar tidak terjadi masalah infeksi, ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan Miss V. Simak ulasannya berikut ini, dilansir Thehealthsite.

Baca Juga: Fakta Open House yang Mulai Menjadi Tradisi Lebaran di Indonesia

1. Jangan cuci Miss V sembarangan

Area Miss V tidak boleh terpapar dengan sabun atau benda lain yang bisa merusak pH. Pastikan saat membersihkan area tersebut, cukup gunakan air bersih dan mengalir. Selama di perjalanan mudik, usahakan untuk buang air kecil di toilet bersih dan punya fasilitas air melimpah. Setelah mencucinya, keringkan dengan tisu agar tidak lembap.

2. Hindari produk sensitif

Mencuci Miss V dengan air mengalir dan bersih nampaknya sudah cukup aman. Jangan pakai produk sensitif, seperti sabun kewanitaan, menggunakan teknik douching, ratus dan sebagainya.

Awas, jika Miss V terlalu sensitif dapat menyebabkan perubahan asam laktat. Kalau hal ini terjadi, dampaknya Miss V mudah lembap dan bakteri senang tumbuh di area sensitif Anda yang jelas mengganggu.

Baca Juga: Bisa Jadi Inspirasi, Ini 5 Ucapan Selamat Lebaran dari Berbagai Daerah Indonesia

3. Konsumsi makanan bergizi

Makanan juga menentukan kondisi kesehatan Miss V. Seperti perbanyak makan buah, sayuran, yoghurt, hingga sumber protein yang bantu menyeimbangkan pH Miss V. Hindari minum kopi, bir atau makanan asam yang sebabkan Miss V berbau tak sedap. Anda juga tidak dianjurkan untuk konsumsi makanan pedas berlebihan karena ada efek sampingnya juga.

4. Jaga kebersihan selama menstruasi

Jika selama di perjalanan mudik Anda mengalami menstruasi, pastikan untuk tetap menjaga kebersihannya. Sering ganti pembalut setiap tiga jam sekali, lalu bersihkan area kewanitaan Anda. Di jalan, pasti Anda terasa risih dan tidak nyaman karena menstruasi. Apalagi saat memasuki hari-hari pertama yang membuat darah banyak keluar dan pasti khawatir tembus.

5. Hindari pakaian ketat

Selama perjalanan mudik, hindari penggunaan celana dalam terlalu ketat atau celana jeans. Miss V jadi lembap dan sulit bernapas. Pastikan gunakan celana biasa saat mudik dan aliran udara tetap masuk ke area Miss V.

Pastikan memakai celana berbahan katun, karena menyerap keringat. Sediakan pula celana dalam baru untuk ganti selama perjalanan mudik. Saat terasa basah, ganti dengan celana dalam baru dan kering.

6. Minum banyak air putih

Ketika tidak sedang puasa, Anda bisa memperbanyak minum air putih di perjalanan. Tak hanya menghidrasi tubuh, fungsinya juga bikin Miss V nyaman. Dengan mengonsumsi air cukup, tubuh jadi tetap bugar dan tidak terasa lemas. Pastikan persediaan air di kendaraan cukup dan bisa dibagikan dengan anggota keluarga lain.

 

7. Konsultasi ke dokter kandungan

Sebelum pergi mudik, tak ada salahnya Anda konsultasi dengan dokter untuk merawat kebersihan Miss V. Buat janji dengan dokter kandungan untuk mencari informasi penting. Di samping itu, Anda juga harus check up untuk melihat kondisi kesehatannya. Pastikan tidak terjadi masalah sedikitpun, termasuk infeksi atau hal lainnya.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini