nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Posting Foto Berjerawat, Tatjana Saphira Sebut Muka Berjerawat Bukan 'Akhir' Dunia

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Senin 11 Juni 2018 20:11 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 06 11 194 1909324 posting-foto-berjerawat-tatjana-saphira-sebut-muka-berjerawat-bukan-akhir-dunia-TaEsHbp1RK.png Tatjana Saphira (Foto: Instagram)

PEREMPUAN biasanya akan merasa kurang percaya diri ketika wajahnya sedang berjerawat. Masalah seperti ini dianggap mengganggu penampilan, terlebih sekarang ini masyarakat "create" stigma yang mana wajah harus sempurna di media sosial.

Keluh seperti ini pun ternyata dirasakan Selebriti Tatjana Saphira. Pada unggahan foto terbarunya di Instagram, Tatjana menceritakan bagaimana dirinya bertahan melawan stigma tersebut dan meyakinkan dirinya bahwa masalah jerawat bukan akhir dari segalanya.

Dari postingan itu, Tatjana menjelaskan bahwa dirinya sekarang cukup serius dalam menanggapi isu jerawat ini. Tidak bisa dipungkiri, Tatjana pun ternyata pernah merasa malu dan sedih dengan masalah jerawat yang dia miliki.

"Kalian bisa lihat di fotoshot aku yang terakhir ini. Di situ terlihat jelas bagaimana bekas jerawat aku sangat terlihat. Ini tidak mudah ketika kamu harus membuang ketidakpercayaan diri kamu agar bisa difoto sedekat itu. Aku sedikit paranoid dan takut bagaimana nanti orang-orang melihat wajah aku. Aku selalu tutupi itu dengan masker dan kalian tahu bagaimana rasanya selalu menutupi itu dan tidak percaya diri karenanya?" Kalimat itu sedikit dari penggalan caption Tatjana Saphira.

Dari ketidakpercayaan diri, akhirnya Tatjana sekarang mulai sadar untuk mau lebih bangga dengan dirinya sendiri. Dari captionnya, Tatjana menuliskan bahwa dirinya sekarang sedang proses mencoba, belajar, dan mempraktikan bagaimana dia mencintai dirinya sendiri melebihi apapun.

"Bagaimana aku terlihat di mata kalian, bagaimana bermasalahnya aku dengan jerawat ini, aku lebih mau menerima 'body positivity' dibandingkan harus menelan perkataan orang tentang wajah aku. Aku berharap, isu jerawat ini lebih banyak dibahas dan mendapat edukasi yang baik. Terlebih, kita tahu sekarang bahwa media sosial seperti mencipta pandangam bahwa tampil sempurna itu adalah keharusan," tulisnya.

Tatjana juga berharap bahwa sharing dia ini bisa menjadi semangat untuk teman-teman lainnya yang mungkin punya masalah jerawat yang sama. Dia juga terus mengajak masyarakat untuk sadar bahwa #AcneIsNormal itu benar-benar bisa diterapkan di masyarakat. Kalau ini sudah bisa diamini, maka tidak ada lagi celaan atau hinaan pada mereka yang berjerawat.

Mencintai diri sendiri dengan segala masalah yang ada adalah cara terbaik untuk bersyukur. Seperti kalimat terakhir Tatjana ini,

"Kepada setiap orang yang punya masalah ini, kalian harus tahu bahwa kalian tidak sendirian. Kita ada di masalah ini bersama-sama. Sangat bebas untuk menceritakan masalah ini di sini. Saya akan sebisa mungkin merespon cerita kalian. Much love," tutup Tatjana di captionnya.

Postingan Tatjana ini pun langsung mendapat respon yang luar biasa. Sejak dipublish 4 jam yang lalu saat tulisan ini dibuat, foto Tatjana dengan wajah berjerawat ini sudah disukai 41.570 pengguna Instagram dengan 344 komentar yang masuk.

Dilihat dari komen yang diterima, di sana datang juga dari akun Instagram resmi Mika Tambayong. "Postingan ini sangat luar biasa. Yes! Kita harus yakin bahwa #AcneIsNormal. Semakin Anda menutupi jerawat itu, maka masalah tersebut akan selalu ada. Tetapi, ketika kita mau menerima dan tetap percaya diri, maka masalah jerawat itu akan hilang dan Anda lebih fokus pada kepercayaan diri Anda. Terima kasih telah berbagi semangat mencintai diri sendiri, Tatjana," tulis Mika.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini