nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jangan Buang Sembarangan, Ini 3 Tips Kelola Sampah saat Mudik

Dewi Kania, Jurnalis · Senin 11 Juni 2018 20:05 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 06 11 196 1909247 jangan-buang-sembarangan-ini-3-tips-kelola-sampah-saat-mudik-iMC74QlcK6.jpg Ilustrasi Mudik. (Foto: Hellosehat)

SEBAGIAN umat Muslim masih melakukan perjalanan mudik ke kampung halaman. Di sepanjang jalan, Anda harus tetap menjaga lingkungan supaya bebas sampah.

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) memprediksi bakal terjadi peningkatan jumlah sampah di beberapa fasilitas umum sepanjang jalan. Supaya tidak mengotori lingkungan, setiap pemudik diimbau untuk tidak membuang sampah sembarangan.

Saat berada di lokasi fasilitas umum seperti SPBU, rumah makan, dan rest area sepanjang jalur mudik, Anda harus benar-benar mengendalikan sampah. Diimbau pula agar Anda tidak membuang sampah dengan kantong plastik demi menjaga lingkungan supaya tidak tercemar.

Baca Juga: Bikin Ngenes, Ingin Makan Ayam Goreng, Anak Ini Jongkok Memandangi Pamflet dan Suapi Mulutnya Gambar Ayam

(Foto: ANT)

"Kami mengajak seluruh komponen masyarakat seperti para pemudik, operator angkutan, pengelola jalan tol, pengelola program mudik bareng gratis, dan pemerintah daerah untuk bersama-sama melaksanakan mudik tanpa sampah, terutama sampah plastik," ujar Direktur Jenderal Pengelolaan Sampah, Limbah, dan Bahan Beracun Berbahaya KLHK Rosa Vivien Ratnawati, lewat siaran persnya, Senin (11/6/2018).

Rosa menambahkan, tidak hanya masyarakat yang sadar dengan lingkungan, pemerintah pun wajib mengimbau dan mengeluarkan surat edaran agar lingkungan bebas sampah. Edukasi pun sangat penting dilakukan supaya masyarakat tidak membuang sampah sembarangan. "Pemerintah daerah harus melaksanakan monitoring dan evaluasi melalui peninjauan langsung kondisi kebersihan di pintu tol, rest area, SPBU, rumah makan, dan fasilitas publik lainnya," imbuh Rosa.

Baca Juga: 4 Negara Ini Jadi Tujuan Kunjungan Resmi Pertama Pangeran Harry dan Meghan Markle

Di samping itu, para pemudik juga diajak untuk diet plastik agar tidak mencemari lingkungan. Adapun tips yang bisa dilakukan sepanjang perjalanan mudik ialah sebagai berikut dirangkum Okezone lebih lanjut.

1. Jika membawa bekal makanan pakai wadah bukan sekali pakai

Membawa bekal selama perjalanan mudik pasti lebih menghemat budget, karena tidak bikin Anda jajan di perjalanan. Tapi ketika membawa makanan harus diletakkan di wadah makanan yang aman, seperti kotak makan plastik non BPA atau wadah lain. Jangan bungkus makanan dengan kertas atau plastik, meski ringkas tapi bisa mencemari lingkungan.

2. Sesama pemudik harus saling mengingatkan

Jangan buang sampah sembarangan! Kalimat itu pantas ditularkan kepada orang lain selama perjalanan mudik supaya tidak mengotori lingkungan. Saat berada di fasilitas publik Anda harus menjaga lingkungan. Kalau ada sampah yang tergeletak, pungutlah dan buang ke tong sampah di lingkungan sekitar.

3. Letakkan tempat sampah kecil di mobil

Selama perjalanan mudik pasti Anda tak lepas dari kebiasaan membuang sampah. Entah itu sampah bungkus permen, tisu, kertas struk pembayaran tol, bungkus makanan, minuman dan sebagainya.

Biasakan untuk membuang sampah di tempat kecil yang tersedia di mobil. Kalau berhenti di rest area dan melihat tong sampah, buang sampah Anda dengan rapi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini