nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ubah Warna Cat Rumah untuk Sambut Idul Fitri, Ini Rekomendasinya

Tiara Putri, Jurnalis · Selasa 12 Juni 2018 00:15 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 06 11 196 1909444 ubah-warna-cat-rumah-untuk-sambut-idul-fitri-ini-rekomendasinya-u8mhlG6dPJ.jpg Ilustrasi dekorasi bernuansa ungu (Foto: Erahomedesign)

PERUBAHAN suasana terkadang dibutuhkan untuk menghindari kejenuhan. Termasuk dalam hal penggantian cat rumah. Bagi keluarga yang rumahnya sering dijadikan untuk tempat berkumpul, mengganti warna cat rumah bisa menjadi hal yang penting.

Lantas kapan waktu yang ideal untuk mengganti warna cat rumah? "Sebenarnya sih kalau dikaitin dengan cuaca dan habbit orang Indonesia, kalau ada event tertentu seperti Lebaran, Tahun Baru, atau lainnya baru mereka akan ngecat. Paling cepat setahun sekali, tapi biasanya 2 tahun sekali, tapi tergantung juga dengan event-event yang tadi saya bilang," ungkap arsitek Ren Katili.

Ditemui dalam sebuah acara di Jakarta beberapa waktu lalu, Ren menjelaskan bila masyarakat Indonesia adalah tipe yang senang berkumpul karena pengaruh budaya. Maka dari itu, biar suasana berkumpul dengan keluarga maupun kerabat tidak membosankan, mengganti warna cat rumah bisa menjadi solusi karena memberikan sesuatu yang baru.

 (Baca Juga:Tenangkan Putri Charlotte Menangis, Kate Middleton Gunakan Dua Teknik Sekaligus)

Beberapa dari Anda mungkin sudah memiliki rencana untuk mengganti warna cat karena pada Hari Raya Idul Fitri nanti akan mengadakan open house. Sebelum menggantinya, ada baiknya Anda mengetahui warna yang tengah menjadi tren.

"Tren tahun 2018 tuh warnanya sebenarnya ungu, ultraviolet ke arah warna yang lebih berseberangan," tutur Ren.

Menurut pria yang juga Founder and Principal dari Studio ArsitektropiS itu, warna ungu sebenarnya adalah warna future.

 (Baca Juga:Jangan Buang Sembarangan, Ini 3 Tips Kelola Sampah saat Mudik)

"Sekarang 'kan zamannya milenial tidak ingin kelihatan seperti masa lalu. Mereka melihatnya ke depan, futuristik, dan sebagainya. Jadi warna-warna yang dipilih mewakili generasi ini seperti ungu," imbuhnya.

 

Akan tetapi, bukan berarti setiap dinding rumah harus dicat dengan warna ungu. Warna tersebut bisa dijadikan elemen atau diaplikasikan di bagian tertentu agar terlihat lebih eye catching. Pemilihan warna juga bisa digradasikan dan dikombinasikan dengan warna-warna lain.

"Kombinasi untuk warna ungu itu nyambung ke warna soft atau campuran warna biru. Misalkan mau ditambahkan dengan warna terang seperti kuning, orange itu masih masuk tapi jangan coklat, enggak nyambung," papar Ren.

Namun dirinya menyarankan untuk lebih memilih warna gradasi karena membuat mata nyaman dan bisa mengikuti tren.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini