nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Makanan Sehat untuk Bekal Selama Perjalanan Mudik

Tiara Putri, Jurnalis · Selasa 12 Juni 2018 15:08 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 06 11 298 1909460 5-makanan-sehat-untuk-bekal-selama-perjalanan-mudik-BKOKk3dJuU.jpg Ilustrasi pasta salad (Foto: Washingtonpost)

TRADISI pulang ke kampung halaman atau mudik menjelang Hari Raya Idul Fitri selalu dilakukan masyarakat Indonesia pada umumnya setiap tahun. Ada yang memilih mudik menggunakan transportasi umum, ada pula yang membawa kendaraan pribadi. Apapun cara yang dipilih, hal terpenting yang perlu diperhatikan adalah kesehatan dan keselamatan.

Tentu mudik dimaksudkan untuk bersilaturahmi dengan sanak keluarga dan kerabat di kampung halaman yang sudah lama tidak berjumpa. Untuk itu, agar bertemu dalam kondisi tubuh yang fit, salah satu caranya adalah mengonsumsi makanan yang sehat selama perjalanan. Ya, terkadang mudik memakan waktu tempuh yang cukup lama.

Melansir Health, berikut makanan-makanan yang cocok disiapkan menjadi bekal perjalanan guna memenuhi kebutuhan nutrisi harian tubuh:

 (Baca Juga:5 Minuman Ini Cocok Dinikmati Sebelum Tidur)

Pasta salad


Ini adalah bekal makanan yang cukup mudah dibuat. Kombinasikan pasta dengan sayuran seperti brokoli, bayam, timun, basil, atau toman ceri. Bisa juga ditambahkan dengan zaitun dan caper. Jangan lupa mayones untuk menambah kelezatan cita rasa.

Mousse hati ayam


Hati ayam adalah makanan yang bergizi karena mengandung banyak nutrisi. Namun beberapa orang mungkin merasa enggan memakannya karena tekstur hati ayam. Untuk menyiasatinya, olahlah hati ayam menjadi mousse dengan campuran krim, mentega, dan thyme. Supaya tambah nikmat, mousse hati ayam bisa dimakan baguette (roti bertekstur renyah).

 (Baca Juga:Inspirasi Kudapan Tempo Dulu untuk Menu Berbuka Puasa, Nikmatnya Nostalgia)

Kue panggang

Makanan lain yang bisa menjadi pilihan adalah kue panggang dari sayuran, tepung, dan daging. Kue ini cukup menyehatkan dibanding kue-kue manis. Walau begitu kue ini tetap lezat untuk dimakan.

Samosa


Bila biasanya samosa dibuat dengan isian daging atau keju, cobalah ganti dengan bahan lain yang lebih bernutrisi seperti kacang polong, ketumbar, jalapeño, dan cabe rawit. Dengan begitu samosa tetap bisa dinikmati sebagai makanan ringan selama perjalanan namun tetap sehat.

Mie kacang

Mie merupakan makanan favorit bagi banyak orang yang dijadikan bekal perjalanan. Tentu kita semua tahu bahwa makanan itu kurang bergizi. Untuk menyiasatinya, tambah sedikit kacang-kacangan agar mie juga mengandung protein dalam jumlah cukup.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini