nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Libur Lebaran, Kota Padang Upayakan Seluruh Kawasan Wisata Bebas Pungli

Rus Akbar, Jurnalis · Senin 11 Juni 2018 17:44 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 06 11 406 1909297 libur-lebaran-kota-padang-upayakan-seluruh-kawasan-wisata-bebas-pungli-sC9WG9OR3w.jpg Wisata Pantai Air Manis di Padang (Foto: Rus Akbar/Okezone)

SELURUH kawasan wisata di Kota Padang ditargetkan bebas dari pungutan liar (pungli) pada saat libur lebaran 2018. Untuk itu, Tim Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) Kota Padang sosialisasi dan pembinaan kepada masyarakat yang berada di kawasan tersebut.

“Ini merupakan salah satu upaya pencegahan pungli yang kita lakukan, terutama di kawasan wisata,” ujar Ketua Pelaksana Satgas Saber Pungli Kota Padang AKBP Kobul Syahrin Ritonga usai melakukan sosialisasi di kawasan wisata Pantai Aie Manih, Senin (11/6/2018).

Setiap pungutan yang dilakukan oleh petugas atau masyarakat harus sesuai dengan peraturan yang berlaku. “Yang namanya pungutan resmi itu punya bukti atau tanda terima,” terang ujar Wakapolresta Padang tersebut.

 (Baca Juga:4 Negara Ini Jadi Tujuan Kunjungan Resmi Pertama Pangeran Harry dan Meghan Markle)

Tim Saber Pungli Kota Padang mengimbau seluruh masyarakat untuk tidak melakukan pungutan-pungutan, apalagi pungutan dengan ancaman atau paksaan, terutama kepada pengunjung di tempat-tempat wisata.

“Jika menjadi korban pungli atau melihat tindakan pungli segera laporkan via SMS/WA ke 08117180117,” ungkap Kobul.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Kota Padang Medi Iswandi mengatakan, untuk kawasan wisata Pantai Aie Manih, Pemko Padang telah menyediakan tempat parkir gratis di sekitar Mushalla Yusuf yang berada di objek Wisata Pantai Aie Manih.

 (Baca Juga:Sering Jet Lag di Pesawat? Cara Ini Bisa Usir Mual dan Mabuk Selama Penerbangan)

Dengan demikian, pengunjung Pantai Aie Manih yang menggunakan kendaraan roda empat dan roda dua tidak dibenarkan lagi memasuki kawasan pantai menggunakan kendaraannya.

Untuk Kota Padang sendiri ada beberapa lokasi wisata yang dijadikan destinasi wisata, seperti Pantai Air Manis yang ada Malin Kundang, Pantai Padang, Masjid Raya Sumatera Barat, Tugu Merpati di Purus, Muaro Lasak, Gunung Padang, Pantai Nirwana dan Pantai Carolin Bungus Teluk Kabung serta Pasir Jambak. Sekali kunjungan ke daerah tersebut bisa mencapai ribuan orang saat lebaran.

Untuk keamanan dan keselamatan beberapa petugas sudah disiagakan baik itu TNI, Polisi, Pol PP, Dishub, BPBD dan SARS Padang.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini