nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Nekat! Pria Ini Rela Digigit Ratusan Ular Berbisa untuk Ciptakan Vaksin

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Senin 11 Juni 2018 07:56 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 06 11 481 1909084 nekat-pria-ini-rela-digigit-ratusan-ular-berbisa-untuk-ciptakan-vaksin-sdwHKxZSo4.jpg Pria Nekat (VT)

ULAR merupakan salah satu hewan berbisa yang sangat mematikan di dunia. Dengan satu gigitan kecil saja, nyawa manusia bahkan hewan besar lainnya bisa berakhir dalam hitungan menit. Alhasil, ular menjadi salah satu hewan yang kerap dihindari manusia.

Meski demikian, berbeda halnya dengan pria yang satu ini. Ia justru membiarkan ular berbisa menggigitnya hanya untuk membuat vaksin. Menurut sebuah penelitian yang disponsori WHO, hingga 138.000 orang meninggal setiap tahun karena gigitan ular, dan 400.000 orang yang bertahan hidup mengalami cacat permanen.

 Baca juga: 6 Mahluk Mistis Ini Pernah Hidup di Bumi, Apa Saja?

Ular Berbisa (VT)

Dengan tingginya angka kematian ini, para peneliti melakukan studi menggunakan pengujian hewan. Berbagai produsen menciptakan anti-racun untuk gigitan ular yang mematikan ini, tetapi satu orang memiliki cara lain sebagai solusinya.

Adalah Tim Friede, orang yang memiliki lebih dari 200 gigitan ular selama hidupnya, untuk menjadi lebih kebal terhadap racun ular dari spesies yang berbeda. Melalui karyanya, ilmuwan amatir ini berharap menciptakan penangkal terhadap gigitan ini.

 Baca juga: Viral Kereta Sleeper Milik KAI Malah Kena Bully, Netizen: Mahal!

Selama 16 tahun terakhir, Friede telah digigit oleh ular beracun lebih dari 700 kali, termasuk seekor ukar mamba hitam. Di rumahnya yang terletak di Wisconsin, Amerika Serikat, Friede memiliki taipan, mamba hitam , dua ekor ular derik dan kobra air.

"Saya memulai ini karena saya ingin memberi imunisasi sendiri jika saya digigit ketika menangani ular saya, tetapi ketika saya menyaksikan hasilnya, saya menyadari bahwa ini dapat digunakan untuk kebaikan yang lebih besar," tegas Friede, sebagaimana dilansir dari VT, Senin (11/6/2918).

 Baca juga: Foto-Foto ketika Seorang Pria Menjadi Ayah, Sangat Menyentuh Hati

“Terlalu banyak orang yang mati karena gigitan ular dan saya tahu bahwa vaksin saya akan membantu mereka ketika benar-benar berkembang." tambahnya.

Perlu dicatat pada 2011, Friede pernah benar-benar jatuh koma dan hampir mati, setelah dua gigitan kobra berturut-turut. Selain itu, ia harus mengamputasi sendiri otot di bagian kakinya setelah gigitan kobra lain yang menyebabkan nekrosis.

"Karena itu sangat buruk. Dan benar-benar keren untuk bisa berada di tahap ini sekarang, di mana saya bisa mengalahkan gigitan ini," tandasnya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini