nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Hati-Hati, Media Sosial Bikin Generasi Milenial Justru Merasa Kesepian

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Senin 11 Juni 2018 12:22 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 06 11 481 1909157 hati-hati-media-sosial-bikin-generasi-milenial-justru-merasa-kesepian-AqRImrBXWH.jpg Ilustrasi (Foto: Independent)

MEDIA sosial bak dua sisi mata uang bagi generasi milenial. Di satu sisi bisa mendapatkan banyak teman secara virtual, tetapi di sisi lain malah menyebabkan kids zaman now menjadi kesepian. Pendapat itu disampaikan oleh ahli psikologi, Dr. Ruth Westheimer.

Perempuan berusia 90 tahun itu yakin media sosial membuat generasi milenial semakin kesepian yang pada akhirnya berdampak pada kemampuan untuk mempertahankan sisi romantis dari sebuah hubungan. Dokter Ruth menerangkan, smartphone dan penggunaan media sosial secara berlebihan menghambat keterampilan dalam kehidupan sosial di dunia nyata.

“Saya sangat khawatir akan rasa kesepian. Orang-orang mulai kehilangan seni berbicara. Mereka secara konstan menatap layar gawai. Anda bisa melihat pasangan kekasih duduk bersama di restoran tapi saling menatap ponsel masing-masing. Itu masalah besar dalam hubungan,” ujar Dokter Ruth Westheimer, mengutip dari Independent, Senin (11/6/2018).

Perempuan kelahiran Jerman itu menambahkan, hubungan percintaan sekarang ini sangat sulit dijaga karena kehadiran internet. Sebab, internet membuat orang-orang punya ekspektasi atau harapan yang tidak masuk akal seperti menemukan Prince Charming di dongeng-dongeng masa lampau.

Ia mengambil contoh Meghan Markle yang pada akhirnya menikah dengan Pangeran Harry, anggota keluarga Kerajaan Inggris. Menurut Dokter Ruth, perempuan asal California itu termasuk beruntung karena berhasil menemukan serta menikahi Pangeran Harry di era modern seperti ini.

Main Hp

Westheimer saat ini berharap dapat segera kembali menjadi host program televisi. Ia mengaku akan mendedikasikan program tersebut untuk membantu generasi milenial dalam menghadapi kesendirian. Menurutnya, generasi saat ini membutuhkan saran yang sedikit kuno dari orang-orang terdahulu.

(Baca Juga: 6 Mahluk Mistis Ini Pernah Hidup di Bumi, Apa Saja?)

Ruth Westheimer berharap program televisi barunya itu nanti dapat mendorong generasi milenial untuk lebih sedikit menghabiskan waktu berselancar di internet serta memfokuskan diri untuk kembali menemukan hubungan antarmanusia di kehidupan nyata.

(Baca Juga: Ucapan Selamat Lebaran Unik yang Bisa Kamu Kirim ke Grup Chat)

Berdasarkan data pemerintah Inggris, saat ini sekira 2,4 juta orang di Negeri Ratu Elizabeth diterpa rasa kesendirian. Karena itu, Perdana Menteri (PM) Theresa May sampai menunjuk Menteri Urusan Kesepian, Tracey Crouch, untuk mengatasi masalah tersebut beberapa waktu lalu.

Studi yang dirilis jurnal Psychological Medicine menerangkan, generasi milenial yang merasa kesepian lebih rawan terkena masalah kesehatan mental daripada populasi secara umum. Tidak heran, masalah kesepian sangat diperhatikan di Inggris.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini