nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Memotret Bisa Deteksi Penyakit Mata Langka pada Anak, Bisa Sebabkan Kebutaan!

Tiara Putri, Jurnalis · Senin 11 Juni 2018 22:00 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 06 11 481 1909303 memotret-bisa-deteksi-penyakit-mata-langka-pada-anak-bisa-sebabkan-kebutaan-C3Gm99hLHc.jpg Ilustrasi (Foto: Foxnews)

MENDAPATKAN hasil foto red-eye mungkin menyebalkan bagi beberapa fotografer. Tapi siapa sangka, hal itu bisa membantu mengungkapkan kondisi kesehatan mata yang serius. Seorang ibu di Inggris membuktikan hal tersebut.

Melansir Fox News, Senin (11/6/2018), dirinya merasa heran karena saat memotret putri kecilnya hanya ada satu mata yang menampilkan red-eye. Sedangkan mata yang lainnya memancarkan cahaya keputihan yang tidak biasa. Setelah diperiksa di dokter spesialis mata, ternyata putrinya terserang penyakit Coats.

Penyakit yang terbilang langka ini membuat pertumbuhan abnormal pembuluh darah di belakang mata yang rentan pecah. Akibatnya bisa menyebabkan rasa nyeri dan kebutaan. Penyakit Coats biasanya terjadi pada anak-anak dengan usia di bawah 10 tahun dan lebih banyak terjadi pada anak laki-laki dibanding perempuan.

Hingga saat ini penyebab penyakit tersebut belum diketahui secara pasti. Hanya saja kondisi ini sering dikaitkan dengan genetik anak. Seiring berjalannya waktu, penyakit Coats dapat menyebabkan pelepasan retina dan kebutaan yang sering terjadi pada pasien diabetes. Hal ini terjadi karena tubuh berupaya menghilangkan pembuluh darah yang rusak dan memperbaiki kerusakan sehingga menimbulkan jaringan parut.

Deteksi Penyakit

“Alasan paling umum orang terserang penyakit Coats karena melihat pantulan cahaya yang tidak biasa atau kelainan karena otak mematikan fungsi mata yang tidak bekerja dengan baik,” ungkap dokter spesialis mata, Dr. Franco Recchia. Sementara itu, semakin cepat penyakit didiagnosis, maka tingkatannya semakin parah. Tanda peringatan lain untuk penyakit ini adalah penurunan visi dan persepsi kedalaman penglihatan.

(Baca Juga: 6 Mahluk Mistis Ini Pernah Hidup di Bumi, Apa Saja?)

Penyakit Coats bukanlah satu-satunya kondisi yang terkait dengan fenomena mata bercahaya. Mata yang bercahaya pada saat difoto bisa juga menjadi tanda kanker retinoblastoma. Maka dari itu, orangtua diharapkan untuk memeriksakan mata anaknya paling tidak sebelum dia masuk sekolah. Pemeriksaannya pun hampir sama menggunakan cahaya yang tertangkap pada mata. Sebab ada banyak sekali kondisi potensial yang dapat menimbulkan refleksi keputihan.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini