Mudik dengan Perjalanan Darat? Agar Nyaman, Jangan Sampai Salah Pilih Bahan Jilbab

Pradita Ananda, Jurnalis · Selasa 12 Juni 2018 08:30 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 06 12 194 1909496 mudik-dengan-perjalanan-darat-agar-nyaman-jangan-sampai-salah-pilih-bahan-jilbab-XxAML4mnKv.jpg Hijab (Foto: Aquila)

SALAH satu tradisi yang ditunggu-tunggu dan dilakukan oleh sebagian besar masyarakat Indonesia saat menyambut Hari Raya Lebaran, ialah mudik ke kampung halaman tercinta.

Melakukan perjalanan mudik ini pun tidak boleh dilakukan sekenanya, melainkan dengan trik tersendiri. Termasuk salah satunya menyangkut soal trik berpakaian.

Mau tidak mau,  trik dalam berpakaian harus tetap diperhatikan demi perjalanan mudik yang nyaman. Terlebih jika perjalanan mudik yang dipilih ialah perjalanan darat, yang notabene biasanya membutuhkan waktu yang lama karena kendala macet.

 (Baca Juga:Sering Jet Lag di Pesawat? Cara Ini Bisa Usir Mual dan Mabuk Selama Penerbangan)

Trik berbusana yang kali ini kita bahas, bukanlah soal pakaian namun lebih spesifik lagi yakni soal pemakaian hijab bagi para hijabers. Sama seperti pemakaian busana, pemilihan pemakaian hijab pun harus diperhatikan sama pentingnya. Bukan hanya dari segi model, namun material bahan.

Alih-alih salah pilih bahan hijab, kenyamanan perjalanan mudik dengan perjalanan darat pun bisa terganggu karenanya. Lalu memang seperti apa sih material bahan hijab yang sebaiknya dipilih untuk dipakai jika para hijabers menempuh perjalanan mudik dengan jalan darat? Untuk menjawab pertanyaan ini, maka Okezone pun bertanya langsung kepada Istafiana Candarini, salah satu pendiri dan brand director lini busana modest wear terkenal, Kami Idea.

“Mudik darat bahan jilbab sih yang masih rekomen banget ya voal. Mengapa? Karena satu, misalnya harus tiba-tiba dicuci itu dia cepat keringnya. Disetrika juga gampang, dan aku bilang istilahnya bahannya itu bandel ya enggak nyangkut-nyangkut kena benda tajam kayak jarum pentul atau peniti,” ungkap wanita yang akrab disapa Irin ini ketika ditemui Okezone belum lama ini di kawasan Kota Kasablanka, Jakarta Selatan.

Irin menjelaskan, sebagai material bahan hijab, voal ia nilai memiliki kelebihan yang memudahkan para hijabers saat memakainya. Sebab, bahan kain voal menurut keterangan Irin, hadir dengan keunggulan struktur woven yang kuat sehingga teksturnya tidak mudah berubah walaupun basah, atau istilah kata ujung hijab yang dibentuk misalkan basah pun tidak mudah ‘meleyot’.

Melakukan perjalanan mudik dengan perjalanan darat, Irin mengatakan lebih lanjut ia tidak menyarankan hijabers untuk memakai hijab dengan material bahan satin, ceruti dan crepe yang menurutnya bahannya tidak travel friendly, atau dengan kata lain tidak ramah tidak mudah dibawa dan dikenakan selama dalam perjalanan.

 (Baca Juga: Hati-Hati, Masalah Microsleep Jadi Ancaman Serius Pengendara saat Mudik!)

“Hijab bahan satin dan ceruti itu buat acara spesial lah, bawa saja satu hingga dua pasang buat pas Lebaran nya, pas perjalanan pakai saja yang voal. Licin, bahan crepe juga untuk beberapa orang ada yang jadinya licin, agak tebal, dan susah dibentuk,” tandasnya.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini