Minyak Wortel Dapat Atasi Rambut Kusam saat Puasa, Begini Caranya!

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Selasa 12 Juni 2018 18:05 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 06 12 194 1909634 minyak-wortel-dapat-atasi-rambut-kusam-saat-puasa-begini-caranya-PnKiOKYiGD.jpg Ilustrasi wortel (Foto: Shutterstock)

SUDAH banyak referensi yang menjelaskan bahwa mengonsumsi buah dan sayur itu baik untuk kesehatan. Tak terkecuali saat berpuasa.

Malah, dengan asupan buah dan sayur yang cukup, kondisi tubuh akan lebih sehat dan tidak ada keluhan kesehatan yang Anda alami. Salah satu manfaat dari konsumsi buah dan sayur saat puasa adalah menambah energi dan vitamin yang banyak hilang.

Efek dari kehilangan vitamin ini biasanya terlihat dari tampilan fisik Anda. Jika bibir pecah-pecah, maka Anda kekurangan vitamin C dan mineral. Nah, bagaimana dengan rambut kusam? Apakah ini juga efek vitamin tidak cukup karena puasa?

Jawabannya benar. Saat berpuasa, tidak hanya napas yang kurang segar dan kulit terasa kering, rambut pun mengalami masalah. Tapi, ini jangan jadikan Anda tidak berpuasa, ya. Sebab, untuk mengatasi masalah ini, asupan makanan yang tepat menjadi solusinya.

 (Baca Juga:Penelitian Terbaru Ungkap Air Liur Bisa Deteksi Kanker Prostat)

Nah, jika Anda ingin mengatasi rambut kusam dan kering, konsumsi wortel sepertinya dapat membantu.

 

Dilansir dari Boldsky, Selasa (12/6/2018), wortel dikemas dengan vitamin A. Vitamin ini membantu merangsang produksi sebum, yang mengondisikan nutrisi kulit kepala Anda dan memerangi kerontokan rambut. Tidak hanya itu, kehadiran vitamin A dan E yang sangat berlimpah pada wortel membuat rambut Anda menjadi kuat, lebih tebal, dan berkilau.

Selain itu, magnesium dan fosfor dalam wortel dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah di kulit kepala, yang juga membantu mendorong pertumbuhan rambut yang baik. Konsumsi wortel secara teratur saat berpuasa dapat mencegah rambut beruban prematur.

 (Baca Juga:Gaya Tampilan Istri Kim Jong-Un yang Sederhana Tapi Super Elegan)

Nah, untuk mendapatkan manfaat tersebut, biasanya hal yang mudah dilakukan yakni membuat jus wortel dan makan wortel mentah. Kini, ada cara lain untuk mengatasi spesifik masalah rambut Anda. Salah satu nya dengan membuat minyak wortel.

Minyak wortel dianggap sebagai minyak esensial lantaran memiliki pasta kental dan diekstraksi melalui distilasi uap dari wortel kering.

Jika Anda sulit membuat minyak wortel, bahan bermanfaat ini sekarang sudah banyak dijual di pasaran. Minyak ini dapat dikombinasikan dengan minyak yang mudah Anda temukan, seperti minyak kelapa atau minyak zaitun.

Cara pakainya bagaimana?

Tidak perlu ribet, Anda hanya mencampurkan minyak wortel dengan minyak zaitun misalnya. Lalu, pijak rambut dan kulit kepala dengan bahan tersebut secara lembut. Untuk hasil terbaik, gunakan setidaknya sekali seminggu.

Tapi, jika Anda merasa itu kurang cocok, Anda bisa membuatnya sendiri. Anda diminta untuk memarut wortel dan simpan parutannya di toples kaca kedap udara. Isi tabung dengan minyak zaitun atau minyak kelapa. Simpan di tempat gelap selama seminggu. Tunggu sampai minyak berubah warna menjadi oranye. Kemudian, saring wortel dan gunakan minyak untuk memijat. Setelah itu, bersihkan dengan sampo ringan.

Penggunaan minyak wortel secara teratur dapat membuat rambut Anda kuat, berkilau, dan lembap. Ini juga meningkatkan sirkulasi darah, memperkuat akar rambut dan melindungi rambut dari kerusakan lingkungan.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini