6 Hal yang Sering Didengar Wanita Muslim yang Tidak Mengenakan Hijab, Hadapi dengan Bijak Ladies

Pradita Ananda, Jurnalis · Selasa 12 Juni 2018 16:09 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 06 12 194 1909636 6-hal-yang-sering-didengar-wanita-muslim-yang-tidak-mengenakan-hijab-hadapi-dengan-bijak-ladies-O5IAcljh0J.jpg Hijabers (Foto: Shutterstock)

MEMAKAI hijab dan tidak memakai hijab adalah pertanyaan dalam hidup yang semua wanita Muslim harus hadapi dalam kehidupannya. Sebagai pilihan yang sulit, namun selalu saja ada beberapa orang yang justru membuat pilihan tersebut menjadi semakin sulit.

Di mana orang-orang ini hadir dalam berbagai tipe, ada yang memang bingung, tapi ada juga beberapa orang yang berfikiran mereka bisa memerintah wanita-wanita yang belum berhijab.

Kemudian sebetulnya, apa saja sih pertanyaan ataupun pernyataan yang kerap dihadapi oleh para wanita Muslim yang kebetulan beluim berhijab dalam kehidupan sehari-hari, terutama saat bertemu orang baru? Melansir Mvslim, Selasa (12/6/2018) berikut enam pemaparan singkatnya.

(Baca Juga: Bocah 11 Tahun Ini Sudah Jadi Motivator Handal Dunia, Pengalamannya Jangan Diragukan Lagi!)

Anda wanita Muslim yang tidak pakai hijab?

Pertama yang disebutkan kerap diajukan kepada wanita Muslim yang belum berhijab ialah pertanyaan sekaligus pernyataan bernada judgmental berbunyi, "Anda Muslim yang tidak berhijab? Ini membuat Anda adalah seorang Muslim yang modern kan? Anda santai sekali jika dibandingkan wanita yang mengenakan 'selimut' itu di kepalanya,"

Kapan pakai?

Setiap wanita Muslim yang belum berhijab bisa dibilang pasti pernah mendengar pertanyaan ini diajukan kepada dirinya. Well, ketahuilah pilihan untuk memakai jilbab tidak sesimpel membuat janji dengan orang. Jadi hindari membuat wanita yang belum berjilbab jadi keringat dingin karena pertanyaan ini ya!

 

Orang tua Anda keren membiarkan anaknya seperti ini

Ucapan berikutnya yang sering didengar oleh wanita Muslim belum berhijab ialah soal orang tua. Yup! Percaya atau tidak, pasti ada saja orang lain yang mengatakan bahwa orang tua yang bersangkutan adalah orang tua yang sangat santai karena telah membiarkan putrinya 'berkeliaran' tanpa mengenakan jilbab.

Dianjurkan mengenakan hijab

Menjurus kepada memerintah ini maksudnya ialah perintah untuk mengenakan hijab ini datang dari seorang pria. Well, semua wanita bisa membuat keputusan sendiri untuk dirinya apakah yang ia ingin kenakan.

Dinilai bukan Muslim yang sesungguhnya

Siapapun akan merasa tidak nyaman dan sebal jika dituding tanpa penilaian bukan? Tapi tudingan bahwa wanita yang tidak berhijab adalah bukan Muslim yang sesungguhnya alias "you’re not a real Muslim" apalagi datang dari sesama wanita Muslim lainnya itu disebutkan jadi perkataan yang sangat menyebalkan untuk didengar loh! Pada dasarnya, jika ditelaah memang sejak kapan wanita yang sudah berhijab punya hak untuk menentukan seseorang adalah Muslim yang baik atau tidak?

'Sayang loh kalau pakai jilbab' 

Perkataan selanjutnya ialah 'Rasanya akan disayangkan jika Anda pakai hijab, Anda cantik," yang mana datang dari orang-orang yang bukan beragama Islam alias non-Muslim. Respon terbaik jika mendapat pernyataan seperti ini? Tidak perlu direspon, dan segeralah berlalu dari hadapan orang yang mengatakan hal ini.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini