nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Begini Cara Atasi Jerawat Tanpa Harus Memencetnya

Tiara Putri, Jurnalis · Rabu 13 Juni 2018 02:34 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 06 12 194 1909764 begini-cara-atasi-jerawat-tanpa-harus-memencetnya-rpQ0ITCrdH.jpg Ilustrasi (Foto: Mirror)

JERAWAT merupakan masalah kulit yang sangat mengganggu bagi sejumlah orang. Tak hanya terjadi di usia remaja, jerawat juga bisa timbul di saat dewasa. Penyebabnya bisa bermacam-macam, mulai dari hormonal, gen, hingga stres.

“Jerawat adalah kelenjar lemak yang sangat aktif. Kelenjar yang mengelilingi folikel rambut sering menjadi terlalu aktif pada wanita karena hormon berfluktuasi selama menstruasi, kehamilan, menopause, atau saat mengonsumsi kendali kelahiran. Pada saat itulah bakteri masuk ke dalam kelenjar dan mendapat tempat untuk berkembang menjadi jerawat,” terang konsultan kulit, Dr Adam Friedmann seperti dikutip dari Mirror, Rabu (13/6/2018).

Di sisi lain, seorang dermatolog ternama, Dr Catherine Borysiewicz mengungkapkan bila jerawat bisa terjadi secara signifikan apabila ada riwayat keluarga atau ketika merasa stres.

 (Baca Juga:6 Hal yang Sering Didengar Wanita Muslim yang Tidak Mengenakan Hijab, Hadapi dengan Bijak Ladies)


"Pada saat stres, tubuh secara alami memproduksi lebih banyak androgen yang menstimulasi kelenjar minyak dan folikel rambut di kulit," tambahnya.

Terkadang beberapa orang yang tidak tahan dengan jerawat mencoba berbagai produk perawatan dan berkonsultasi ke banyak ahli kulit. Berbicara tentang hal ini, Dr Catherine memberikan solusinya.

“Carilah produk yang mengandung asam salisilat, asam glikolat, minyak pohon teh, dan benzoyl peroxide. Produk tersebut memiliki cara kerja yang sedikit berbeda untuk mengatasi jerawat," terangnya.

 (Baca Juga:Dipakai Outing, Dress Kate Middleton Ludes Terjual dalam Waktu Singkat)

Kandungan-kandungan tersebut dapat meningkatkan pergantian lapisan atas kulit mati menjadi pori-pori yang tidak tersumbat. Kulit akan merespon dengan cara yang sedikit berbeda untuk masing-masing kandungan. Selain itu, pemanfaatan sinar ultraviolet juga bisa menekan peradangan yang menyebabkan jerawat sehingga berjalan di bawah sinar matahari bisa menjadi pilihan.

Akan tetapi, seseorang juga perlu menemui dokter kulit untuk menemukan akar masalah terjadinya jerawat dan cara pengobatannya.

"Untuk jerawat ringan biasanya diberikan resep antibiotik dosis rendah seperti tetrasiklin untuk menekan jerawat, membersihkan bakteri, dan mengurangi peradangan. Obat ini sangat efektif bila digunakan dengan asam salisilat dan sangat aman untuk dikonsumsi. Kebanyakan orang akan melihat perbaikan pada kulit mereka cukup cepat," pungkas Dr Adam. (tam)

(ful)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini