nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Fakta-Fakta Jarang Terungkap tentang Istri Kim Jong Un, Ri Sol Ju yang Dijuluki ''Wanita Misterius''

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Selasa 12 Juni 2018 10:29 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 06 12 196 1909540 5-fakta-istri-kim-jong-un-ri-sol-ju-yang-dijuluki-wanita-misterius-29FjetO11A.jpg Ri Sol-Ju (Foto: CNN)

PERTEMUAN bersejarah antara Kim Jong-Un dengan Donald Trump di Singapura menjadi momen yang dilihat dunia. Pertemuan mereka dengan tujuan encapai kesepakatan mengenai program senjata nuklir Korea Utara dan prioritas militer antar kedua negara.

Di lain sisi, Anda mungkin tahu bahwa tersirat kabar bahwa ada sedikit bukti bahwa Pyongyang akan meninggalkan senjata nuklirnya dan tidak ada tanda bahwa negara itu akan "membiarkan tekanan ekonomi untuk menghalangi prioritas militer," yang tidak meredam semangat Presiden Trump tentang KTT.

"Luar biasa berada di Singapura, kegembiraan di udara!" Trump tweeted pada Senin pagi.

Jadi di mana istri dan keluarga Kim selama pertemuan bersejarah ini? Siapa yang semuanya terjerat dalam pohon keluarga Kim yang misterius?

Momen yang tidak kalah penting adaalah kehadiran sang First Lady of North Korea di pertemuan Kim Jong-Un dan Donlad Trump. Jika Anda belum mengenal siapa itu Ri Sol-Ju, berikut sedikit informasi mengenai perempuan tersebut.

Ri Sol-Ju, atau yang biasa disapa Ri, istri Kim, baru-baru ini dijuluki sebagai 'first lady of North Korea' oleh media dunia dan telah membuat "penampilan reguler di sisi suaminya dalam beberapa bulan terakhir karena hubungan telah menghangat antara Korea Utara dan Korea Selatan," CNN melaporkan.

Istri Kim Jong Un

Sejarah telah lama menjaga kerahasiaan siapa istri dari ayah Kim dan kakek Kim dalam bayang-bayang, sehingga penampilan Ri yang sering di sisi Kim melanggar norma Korea Utara.

(Baca Juga: Bocah 11 Tahun Ini Sudah Jadi Motivator Handal Dunia, Pengalamannya Jangan Diragukan Lagi!)

Dijuluki "wanita misterius" Kim, ketika dia pertama kali terlihat di sisi Kim, media pemerintah tidak mengumumkan pernikahan Kim dan Ri sampai Juli 2012, hampir tiga tahun setelah badan-badan intelijen Korea Selatan percaya pernikahan itu benar-benar terjadi.

Sebelum dikonfirmasi bahwa dia adalah istri Kim, media pemerintah berspekulasi bahwa dia mungkin salah satu saudara perempuan atau kerabat Kim yang sering menghindar dari sorotan.

Ri Sol Ju

(Baca Juga: Perawat Anjing Selebriti Ini Hasilkan Rp83 Juta Per Minggu, Katy Perry Jadi Pelanggan Setia!)

Sedikit yang diketahui tentang kehidupan Ri maupun keluarganya. Dia diyakini berusia 20-an akhir atau awal 30-an, dan meskipun ada sedikit yang diketahui tentang dirinya, para ahli berspekulasi bahwa Ri dilahirkan sekitar tahun 1984 di Chongjin, kota terbesar ketiga Korea Utara, CNN melaporkan.

Dia lulus dari Universitas Kim Il Sung dan merupakan cucu dari Ri Pyong Chol, mantan kepala Angkatan Udara Rakyat Korea dan Angkatan Udara Anti-Udara.

Kim dan Ri memiliki tiga anak, menurut National Intelligence Service Korea Selatan (NIS). Namun, hanya satu dari anak-anak mereka yang diberi nama dan dipublikasi.

Menurut laporan USA Today, Bintang NBA Dennis Rodman, yang mengunjungi Pyongyang pada 2013, mengatakan dia sempat bertemu dengan putri Kim, Ju Ae.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini