nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Berteman Baik dengan Mantan? 6 Hal Ini Harus Kamu Pahami biar Enggak Gampang Baper

Lidya Julita Sembiring, Jurnalis · Selasa 12 Juni 2018 14:08 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 06 12 196 1909581 berteman-baik-dengan-mantan-6-hal-ini-harus-kamu-pahami-biar-enggak-gampang-baper-bAdKJaPZKp.jpg Ilustrasi (Foto: Themodernman)

SAAT mengakhiri hubungan dengan pasangan, pastinya dikarenakan beberapa alasan yang sulit untuk diperbaiki. Atau bisa saja berakhirnya hubungan disebabkan oleh konflik yang terus terjadi hingga perselingkuhan pasangan yang pastinya membuat hubungan saat putus tidak baik-baik saja.

Dengan berbagai alasan ini, maka sebagian besar dari kita tahu bahwa betapa sulitnya menjadi 'hanya teman' dengan mantan pasangan. Apalagi yang masih saling mencintai dan putus karena alasan yang tidak bisa disatukan bersama.

Tapi jika kita mungkin menghabiskan waktu yang luar biasa indah bersama, mulai dari romantis hingga perkelahian kecil yang dilakukan dan kembali baikan pada saat itu atau setiap hal kecil mungkin mengingatkan Anda tentang dia. Tetapi jika alasan putusnya hubungan masuk akal maka mungkin untuk berdamai dengan masa lalu dan tetap berteman dengan mantan pasangan.

Tapi untuk dapat berteman baik bahkan bersahabat dengan mantan pacar maka harus melakukan beberapa hal ini terlebih dahulu seperti dilansir melalui Times Of India.

 (Baca Juga: Bocah 11 Tahun Ini Sudah Jadi Motivator Handal Dunia, Pengalamannya Jangan Diragukan Lagi!)

Tenangkan diri terlebih dahulu

Pertama-tama, setelah putus semua orang butuh waktu untuk bisa memaafkan, melupakan, dan melepaskan segalanya yang selama ini ia miliki. Maka luangkan waktu Anda untuk memikirkan apa yang salah dalam hubungan dan cara atasi emosi. Setelah Anda merasa telah menerima semua hal yang mengganggu, maka inilah saat yang tepat untuk berteman dengan mantan pasangan Anda.

Merasakan hal yang sama

Setelah meyakinkan diri sendiri bahwa putus adalah keputusan yang terbaik untuk Anda berdua, maka Anda harus yakin bahwa mantan pasangan juga merasakan hal yang sama. Karena tidak ada gunanya menjadi teman ketika salah satu dari Anda masih cinta dan ingin kembali menjalani hubungan sepasang kekasih.

Jalan bareng tetapi masih dalam batas

Tidak ada salahnya nongkrong bersama sang mantan kekasih tetapi Anda berdua harus mengikuti beberapa aturan. Awalnya, akan lebih baik untuk minum secangkir kopi daripada minuman beralkohol karena mungkin akhirnya kalian akan berdebat atau melakukan sesuatu yang mungkin akan disesali nanti.

Selain itu, jangan mengunjungi tempat 'romantis' yang sering Anda kunjungi ketika masih menjalin hubungan. Pergilah bersamanya saat malam hari atau perjalanan akhir pekan hanya ketika yakin bahwa Anda berdua telah benar-benar move on.

Jangan jatuh ke dalam perangkap

Saat menjalani persahabatandengan mantan, tetaplah jujur ​​kepada diri sendiri tentang perasaan Anda. Anda harus yakin dengan keputusan awal berpisah dengannya dan hanya menganggap dia sebagai teman saja. Juga, cobalah untuk tidak kembali ke pola lama dengan mengobrol sepanjang hari, menelepon untuk berbagi setiap hal kecil atau melakukan sesuatu yang dia sukai. Pada dasarnya, hindari memberikan sinyal yang salah. Masa lalu adalah masa lalu karena suatu alasan maka Anda harus sangat berhati-hati agar tidak berakhir menyakiti diri sendiri secara emosional lagi.

Aturan paling penting

Anda harus menghargai hubungan pertemanan yang Anda berdua bagikan setelah putus dan saling membantu untuk menjadi orang yang lebih kuat. Oleh karena itu, buatlah aturan bahwa tidak seorang pun dari kalian melakukan sesuatu yang memberi harapan palsu kepada orang lain. Hindari berbicara tentang urusan seksual masa lalu atau menggoda bahkan dengan cara yang sehat sekalipun tidak disarankan.

(Baca Juga: Perawat Anjing Selebriti Ini Hasilkan Rp83 Juta Per Minggu, Katy Perry Jadi Pelanggan Setia!)

Apakah Anda senang melihatnya dalam hubungan baru?

Hidup tidak pernah berhenti dan jelas bahwa mantan pasangan akan berkencan dengan orang lain setelah putus. Apakah Anda akan benar-benar tidak terpengaruh oleh keputusan ini, dan senang melihat dia dalam hubungan baru? Jika jawaban Anda adalah ya, maka selamat! Anda telah lulus ujian pamungkas untuk membuktikan bahwa Anda sudah move on dan tidak mengharapkan sang mantan lagi. Bahkan, itu menunjukkan Anda telah menjadi teman yang mendukung dan mantan pasangan yang cukup pengertian.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini