Puasa Hampir Usai, Ini yang Akan Kamu Rasakan Setelahnya!

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Selasa 12 Juni 2018 13:32 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 06 12 196 1909589 puasa-hampir-usai-ini-yang-akan-kamu-rasakan-setelahnya-HNUfKPevwK.jpg Puasa (Yourweightloss)

TAK terasa bulan suci Ramadan akan segera berakhir. Setelah sebulan lamanya menahan dahaga, lapar, dan nafsu, umat Islam akan segera tiba di hari kemenangan nan fitri. Disadari atau tidak, selain mendapatkan pahala, berpuasa selama bulan Ramadan juga membawa beberapa manfaat.

Selama berpuasa, tubuh terlatih secara fisik, emosional, mental, dan spiritual. Berpuasa tidak hanya cara untuk membersihkan tubuh dari penyakit, tetapi juga dari jerat dosa. Berikut beberapa manfaat yang sudah Anda rasakan selama berpuasa, mengutip dari Saudi Gazette, Selasa (12/6/2018).

 Baca juga: Sebelum Bertemu Trump, Kim Jong-un Sempat Bergerilya Wisata Malam Singapura

Turun Berat badan

1. Manfaat fisik

Tidak mengonsumsi makanan dalam waktu yang lama membersihkan tubuh serta mengistirahatkan sistem pencernaan. Ahli anestesi dari Oxford University, Dr. Razeen Mahroof menuturkan, selama puasa juga terjadi proses detoksifikasi karena racun yang tersimpan dikeluarkan secara perlahan-lahan oleh tubuh.

Berpuasa juga membuka jalan untuk kebiasaan makan yang lebih sehat, jika sahur dan berbuka dilakukan sesuai sunnah Nabi Muhammad SAW, yakni makan secukupnya. Nabi Muhammad SAW hanya makan sedikit saat sahur serta berbuka.

 Baca juga: Digosipkan Selingkuh, Netizen Pertaruhkan Rumah Tangga David Beckham dan Victoria

2. Manfaat mental dan emosional

Berpuasa dapat membersihkan pikiran seseorang dari niat jahat. Sebab, selama bulan suci Ramadan, umat Islam lebih banyak menghabiskan waktu untuk membaca kitab suci Alquran dan menjaga lidah mereka karena selalu teringat akan perintah-perintah Allah. Karena beribadah kepada Allah SWT menjadi tujuan utama, mereka yang berpuasa akan lupa sejenak pada godaan dunia.

 Manfaat spiritual (toughtco)

3. Manfaat spiritual

Puasa dapat membantu seseorang untuk lebih dekat kepada Allah sehingga ibadahnya diridhoi serta mendapatkan pahala berlimpah. Selama bulan puasa, pintu Surga dibuka selebar-lebarnya sementara pintu neraka ditutup dan setan dibelenggu. Allah memudahkan jalan kita untuk mendekat kepadaNya serta mendapatkan pahala kebaikan.

Dengan berpuasa, Allah menyelamatkan hambaNya dari siksa api neraka serta memberi mereka akses ke pintu Surga yang disebut Ar-Rayyan. Nabi Muhammad SAW bersabda, “Ada pintu Surga yang bernama Ar-Rayyan, di mana orang-orang yang berpuasa akan masuk pada Hari Kiamat dan tidak ada orang selain mereka yang masuk.”

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini